Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lokomotifbagAvatar border
TS
lokomotifbag
Bukalapak bertindak sesuka hati ke pelapak
Hi Agan / Aganwati,

Ane mau share tindakan sesuka hati dan sewenang-wenang dari Bukalapak terhadap pelapaknya. Ane sudah jualan di bukalapak sejak 2015. Selama ini, Ane juga mengunakan semua produk layanan berbayar dari Bukalapak termasuk menjadi pelapak premium.

Agar agan/aganwati tidak buang waktu percuma, ane langung jump ke TKP:
- Tgl 29 Mei 2019 14.10 WIB, transaksi penjualan masuk dengan no: 192118416806, pada hari yang sama pesanan tersebut saya kirim melalui Ninja Express sesuai dengan pesanan yang masuk, Biasanya durasi pengiriman Medan ke Jakarta 2-3 hari.
- Tgl 5 June 2019, saya cek resi ninja express BLAPK192118416806, namun barangnya masih di Medan, dan saya hubungi Ninja Express, dan menurut mereka mungkin ada keterlambatan dalam pengiriman.
- Tgl 10 june 2019, saya kembali cek status kiriman, dan status paket masih belum diupdate, lalu saya hubungi Ninja Express, menurut mereka mungkin barangnya hilang. Dan mereka akan melakukan penyelidikan sebelumnya memastikan hal tersebut.
- Tgl 13 Jun 2019, TIBA-TIBA saya mendapatkan email otomatis dari Bukalapak jika pesanan tersebut telah dibatalkan. Dan FULL refund ke pembeli TANPA verifikasi ke saya sebagai seller. Sedangkan barang sudah saya kirimkan tanpa keterlambatan. Dan pada hari yang sama, saya menghubungi Bukalapak, dan mereka berjanji akan menyelidiki masalah ini.
- Singkat cerita Tgl 26 Jun 2019, Ninja Express menyatakan barang hilang, melalui Bukalapak top-up pergantian barang hilang sebesar 10x ongkir Rp 161,500 dari total nilai barang Rp 540,000.

Apakah ini adil untuk seller? Barang tersebut juga dibeli seller dari supplier mengunakan duit hasil jerih payah, bukan dari hasil rampok Bank. Walaupun di pihak pembeli, saya juga mengerti tidak akan mau menanggung kerugian barang tapi di produk deskripsi, di paragraf PERTAMA sudah tertulis secara jelas, agar pembeli untuk membeli asuransi pengiriman.


Dalam hal ini, saya SANGAT KECEWA ke Bukalapak, karena:
- Jika barang hilang dalam pengiriman, TIDAK SEHARUSNYA Bukalapak LANGSUNG refund ke pembeli tanpa verifikasi ke seller terlebih dahulu, karena kan barang sudah dikirim sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Dan barang hilang di pengiriman tidak sepenuhnya merupakan kesalahan dari seller. Paling tidak memberikan kesempatan kepada seller untuk berkomunikasi dengan pembeli untuk penyelesaiannya, gimana baiknya, atau mungkin kerugiannya dibagi 2 dan sebagainya.


Follow up action:
- Saya sudah beberapa kali menghubungi BukaBantuan untuk masalah ini, tapi semua cs Bukalapak hanya bertele-tele dan tidak membantu sama sekali. Sering menutup tiket bantuan tanpa penjelasan lebih lanjut.

Setelah kejadian yang sewenang-wenang ini, ane sebagai seller Bukalapak merasa was-was untuk mengantungkan hidup mencari nafkah di Bukalapak. Ane percaya, ane bukan satu-satunya pelapak yang mengalami hal serupa.

Saya berharap thread ini bisa ditanggapi oleh Bukalapak.

Terima kasih juga untuk agan/aganwati yang telah meluangkan waktunya untuk membaca.

Barbuk:
Spoiler for - Detail Transaksi (no transaksi, ongkir, harga barang):


Spoiler for Resi Transaksi, Pelacakan Resi:


Spoiler for Top up pergantian barang hilang:


Spoiler for Produk Deskripsi:


0
2.4K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan