Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Istana Respons 100 Ribu Aduan Warga ke Jokowi Soal Jalan Rusak


CNN Indonesia
Selasa, 16 Mei 2023 04:40 WIB
Bagikan : 
Presiden Jokowi sudah menerima ratusan ribu keluhan jalan rusak dari warga yang mengadu via Instagram (Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia -- Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin merespons sekitar 100 ribu aduan warga tentang jalan rusak di Instagram Presiden Joko Widodo.
Bey mengatakan aduan itu akan menjadi pegangan Jokowi dalam memantau pembangunan jalan di berbagai daerah.

"Justru dengan adanya pengaduan masyarakat/warganet di akun media sosial Presiden Jokowi, dapat dilakukan crosscheck antara data dari Kementerian PUPR dengan data yang disampaikan warganet sehingga akan lebih tepat sasaran," kata Bey melalui keterangan tertulis, Senin (15/5).

Bey menyampaikan Kementerian PUPR mendata ruas jalan yang rusak di berbagai daerah. Mereka juga telah menyiapkan anggaran khusus untuk perbaikan jalan.

Menurut Bey, anggaran untuk perbaikan jalan di seluruh Indonesia pada tahun anggaran 2023/2024 sebesar Rp32,7 triliun. Anggaran itu juga telah dituangkan ke dalam Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2023 tentang Jalan Daerah.

"Secara bertahap perbaikan akan segera dilakukan, seperti di Provinsi Lampung akan segera dimulai perbaikan paling lambat Juli 2023 karena harus ada proses lelang," ujarnya.


Sebelumnya, Jokowi meninjau jalan rusak di Lampung setelah viral di media sosial. Ia menjajal sejumlah ruas jalan menggunakan mobil kepresidenan.

Setelah kegiatan itu, ia membuka ruang aduan untuk warga. Jokowi mempersilakan warga untuk melaporkan jalan rusak melalui akun Instagram miliknya.

Hingga hari ini, sudah ada lebih dari seratus ribu komentar. Mayoritas berisi keluhan masyarakat tentang jalan rusak di wilayah tempat tinggal masing-masing.

(dhf/bmw)

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...l-jalan-rusak.




Sepekan Lebih Jokowi Buka Aduan Jalan Rusak, Sejauh Mana Progresnya?

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 15 Mei 2023 11:52 WIB

Jokowi Tinjau Jalan Rusak di Lampung (Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta - Sudah sepekan lebih Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka aduan soal jalan rusak seusai kunjungan kerja di Lampung. Sudah seratusan ribu komentar yang masuk ke postingan Instagram Jokowi. Sudah sejauh mana tidak lanjut aduan tersebut?
"Sebetulnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah melakukan pendataan dan juga survei ruas jalan yang rusak di seluruh provinsi oleh Balai Besar/Balai Pelaksanaan Jalan Nasional yang ada di daerah," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, kepada wartawan, Senin (15/5/2023).

Bey menjelaskan adanya aduan dari masyarakat di akun media sosial Jokowi bakal membantu pemerintah dalam melakukan verifikasi antara data dari Kementerian PUPR dan data warganet. Dengan demikian, menurut Bey, implementasi perbaikan jalan lebih tepat sasaran.

"Anggaran yang disiapkan Kementerian PUPR untuk perbaikan jalan di seluruh Indonesia tahun anggaran 2023/2024, sebesar Rp32,7 triliun sesuai hasil Rapat Terbatas yang dipimpin oleh Bapak Presiden dan telah dituangkan ke dalam Inpres No 3 Tahun 2023 tentang Jalan Daerah," ujar Bey.


Selain itu, Bey mengatakan perbaikan jalan segera dilaksanakan. Salah satunya dilakukan di Lampung.

"Secara bertahap perbaikan akan segera dilakukan, seperti di Provinsi Lampung akan segera dimulai perbaikan paling lambat Juli 2023 karena harus ada proses lelang," ujar Bey.

Sebelumnya, Jokowi menegaskan pentingnya infrastruktur jalan. Jokowi pun meminta warga yang jalannya masih rusak parah melapor kepadanya.

"Infrastruktur jalan itu penting untuk mendukung arus mobilitas barang dan orang," kata Jokowi melalui akun Twitternya di sela-sela kegiatannya meninjau jalan rusak di Lampung, Jumat (5/5).

Jokowi meminta warga melaporkan jalan rusak di wilayahnya yang sudah lama tidak diperbaiki melalui Twitter maupun Instagram. Laporan itu, menurut Jokowi, bisa dilakukan melalui kolom komentar atau pesan langsung.

"Apabila jalan di daerah Anda masih rusak parah dan sudah lama tidak diperbaiki, sampaikan kepada saya melalui kolom komentar dan kirim video melalui pesan langsung di akun Twitter ini," tutur dia.

https://news.detik.com/berita/d-6720...na-progresnya.
banyak sekali jalanan yang rusak di Indonesia dan akan diperbaiki langsung sama PUPR...
nomorelies
bghifari
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.3K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan