Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

penjual.kaukahAvatar border
TS
penjual.kaukah
warganet indonesia dinobatkan sebagai pengguna Hp paling lama didunia

internet adalah bagian terpenting dari kehidupan manusia zaman sekarang. internet bermanfaat untuk serana konektifitas, komunikasi, akses informasi, pengetahuan dan edukasi, pemetaan, kemudahan bisnis dan hiburan.

internet saat ini bisa di akses siapa aja dan dimana saja dengan menggunakan smartphone, hal ini tentu sangat membantu kehidupan masyarakat. apalagi dengan perkembangan kamajuan saat ini seperti pengen pergi tinggal klik akan datang ojek/mobil yang siap mengantar, pengen makan tinggal pesan, pengen terkenal tinggal buat sesuatu yg bisa bikin viral semakin betahlah kita menggunakan internet. di kutip dari kompas Warganet Indonesia dinobatkan sebagai pengguna internet yang paling lama menghabiskan waktu untuk main HP pada 2022.

(data.ai)
berdasarkan data diatas orang indonesia juga tercatat menghabiskan banyak waktu di konten layanan vedeo pendek.
Selanjutnya, layanan yang juga banyak digunakan warganet Indonesia adalah platform berbagi video (3,3 miliar jam), browser dan search engine (1,8 miliar jam), dan e-commerce (1,1 miliar jam).  Di samping itu, menurut laporan data.ai, sepanjang tahun 2022, warganet Indonesia cenderung lebih sedikit mengakses layanan pendidikan, media sosial berbasis audio chat, berita dan majalah, serta bisnis/meeting dibanding tahun 2021.

manfaat internet memang sangat banyak dan dari sekian manfaat yang dihasilkan oleh internet, hiburan adalah salah satu yang banyak di mininati oleh masyarakat diantaranya yakni media sosial. hampir semua orang saat ini memiliki media sosial.


media sosial sangat membantu manusia terhubung satu dengan lain walau terpisah jarak, kota, pulau bahkan negara. dengan media sosial kehidupan juga berubah menjadi lebih baik, bahkan dari sini juga muncul bidang pekerjaan baru yang sebelumnya tidak ada seperti selebram, youtuber, dll, dengan media sosial juga siapapun bisa memasarkan barang dagangannya tanpa harus berjualan keliling door to door, semua orang juga memamerkan karyanya lewat media sosialterlepas dari manfaat positif tersebut media sosial juga punya sisi negatif, kejehatan, penipuan, hoak, dll.


meskipun begitu mengapa kita senang berlama-lama di media sosial ?


sebab media sosial mampu membuat penggunanya bahagia. media sosial menghasilkan hormon dopamin yang merupakan hormon kesenangan yang berkaitan dengan reaksi instan juga ketergantungan. akhirnya ketika kita lakukan terus menerus dan menjadi ketergantungan media sosial.

bermain media sosial terlalu lama bukanlah sikap yang bijak, ada banyak hal yang akan terjadi jika terlalu lama bermain media sosial.


1. waktu terbuang sia-sia
semua orang punya waktu yang sama yakni 24 jam, dan harus dibagi untuk istirahat(tidur) bekerja, belajar, dan bermasyarakat. bayangkan jika sebagian besar waktu dihabiskan oleh media sosial, istirahat(tidur) bisa berkurang, kerja tidak fokus, belajar terganggu dll.

2. terjebak rasa malas
kemalasan adalah musuh utama sebagian besar umat manusia, apalagi ditengah perkembangan media sosial yang makin pesat membuat sebagian orang sangat nyaman bermalas-malasan sambil scroll media sosial.

3. Rawan terjebak berita hoaks
informasi yang sangat banyak dari media sosial bisa menyebabkan scroll lama-lama di media sosial terjebak hoaks, karena tidak semua yang ada di media sosial itu benar adanya.



adapun cara agar tidak kita kecanduan media sosial diantaranya

1. Matikan notifikasi hp.
jika mematikan data seluler mungkin akan menghambat pekerjaan, apalagi jika kerjaan itu berhubungan dengan orang lain, tim dan klien, maka mematikan notifikasi aplikasi yang tidak perlu adalah solusinya, dan hanya meaktifkan notifikasi aplikasi yang dirasa perlu.

2. Tentukan waktu untuk menggunakan sosial.
buatlah jadwal kapan membuka media sosial, seperti ketika selesai tugas atau hanya beberapa jam sehari.

3. Perbanyak aktifitas yang tidak terkait dengan penggunaan media sosial contohnya olahraga, membaca buku dll.

sekian artikel ini, mudah-mudahan kita bisa terhindar dari kecanduan media sosial.
0
472
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan