Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Firdaus272Avatar border
TS
Firdaus272
Viral, Jembatan Situ Cileunca menjadi Berkabut, Begini Penjelasannya

Sumber gambar

Jembatan itu jalan gantung digunakan melintasi kendaraan kecil dan besar sebagai alat bantu penyeberangan yang tertumpu pada daratan yang rata. Karena adanya daratan rendah yang curam ditengahnya, seperti aliran sungai, danau dan jurang. Ini membuat jembatan sering dibangun sebagai akses kepentingan pejalan kaki dan kendaraan.

Jembatan gantung biasanya dibangun oleh pemerintah daerah sebagai sarana akses publik yang dipakai untuk akses logistik dan manusia Untuk kepentingan umum. Tanpa jembatan semua kebutuhan sulit dilalui, karena untuk mempercepat perjalanan demi mempersingkat waktu dari dan menuju.


Sumber gambar

Terkait viral video yang di unggah pada akun Instagram @receh.ajg (3/2/2023) memperlihatkan kondisi jembatan penuh kabut terletak di Situ Cileunca, Pengalengan Jawa Barat. Disekitar lokasi jembatan tidak nampak apapun selain kabut putih menyelimutinya. Untuk kondisi jembatan sangat mudah dilalui oleh kendaraan roda dua, namun tampak menyeramkan karena kondisi kabut putih membuat suasana jembatan menjadi aneh.

Sangking viralnya kondisi jembatan berkabut mendapat komentar miring netizen menjelaskan kondisi jembatan seperti jalan menuju dunia lain. Ada juga berkomentar bahwa jembatan ini indah karena kabut putih menyelimuti sehingga kondisi jembatan dijuluki jembatan cinta, katanya.


[url=https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6145586/apa-perbedaan-awan-dan-kabut-ini-jawabannya#:~:text=Sedangkan%2C%20kabut%20adalah%20gejala%20alam,dan%20jauh%20dari%20permukaan%20tanah.]Sumber gambar[/url]

Membahas soal kabut, sebenarnya kabut itu fenomena alam yang sering terjadi pada waktu pagi, siang, sore, bahkan malam. Dimana kondisi kabut bisa dilihat pada kawasan pegunungan, perbukitan, tempat wisata, bahkan pantai. Kabut itu biasanya berwarna putih dapat menyelimuti seluruh kondisi area dalam cakupan amat pekat maupun tipis, tergantung kondisi fenomena alam terjadi.

Sebenarnya membahas kabut itu terjadi karena adanya kondensasi uap air terjadi di daratan dengan awan yang saling berdekatan. Yang membuat proses terbentuk kabut dipengaruhi oleh suhu udara menurun, kelembapan udara tinggi, matahari tidak bersinar dikawasan tersebut dan adanya garam jika berada di laut. Kalau dilaut terjadi kabut pada waktu tengah malam.

Sehingga proses pembentukan kabut mulai terjadi dengan berhembusnya udara dingin dengan udara hangat saling bertemu di daratan itu. Yang membuat terjadinya kabut asap yang mulai menguap serta mulai menyelimuti kawasan tersebut. Sehingga kabut asap langsung terjadi pada waktu lama. Semakin besar udara dingin terjadi maka semakin tebal produksi kabut asap terjadi.


Sumber gambar

Jembatan dipenuhi kabut itu seperti pintu dunia lain. Karena saat kabut asap terjadi suasana jembatan saat dilalui begitu dingin, dan sunyi serta merinding. Hal ini membuat pengendara motor harus berhati hati saat melintasi jembatan terlebih harus menghidupkan lampu motor agar terlihat terang jembatan dilalui.

Disisi lain jembatan ini bisa menjadi tempat menarik karena fenomena alam bisa digunakan untuk foto Selfi bersama teman dan keluarga. Bahkan fenomena alam jembatan bisa jadi tempat wisata lokal maupun interlokal yang ingin datang melihat kondisi jembatan kecil penuh kabut putih tebal.

Narasi: Opini
0
902
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan