Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

caryancandaAvatar border
TS
caryancanda
Yeayy! Venue Tenis Untuk PON Papua Sudah Clear


Halo agan dan sista semua. Apa kabar? Semoga sehat selalu ya. Kali ini ane akan bikin thread yang ngebahas soal Venue atau lokasi pelaksanaan Tenis pada PON XX Papua yang ternyata sudah selesai. Yuk disimak aja gansis.

Jadi menurut berita yang ane baca, Venue tenis yang dipersiapkan untuk menjadi salah satu arena pertandingan pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di klaster Kota Jayapura diklaim sudah tak lagi ada masalah setelah sempat dipalang atau diblokade oleh masyarakat adat berapa waktu lalu.

Venue yang berada di kawasan kantor Pemerintahan Kota Jayapura itu juga sudah berganti nama menjadi arena tenis Sian Soor. Sebelumnya, venue tersebut menggunakan nama Wonda Lambu yang mengundang kontroversial karena dianggap tidak mengandung kearifan lokal Port Numbay. Kemudian diambil jalan tengah yang bisa menyelesaikan masalah ini, yaitu penggantian nama. Venue ini sendiri sudah diresmikan bersamaan dengan 8 venue lainnya, pada Oktober 2020 lalu.

“Prosesnya sudah selesai, sudah tidak ada masalah. Kami menyampaikan terima kasih kepada Pak Wali Kota Jayapura, Pemerintah Kota Jayapura dan secara khusus kepada masyarakat adat Tobati, dimana tanggal 9 Juni itu kita sudah bersama-sama melakukan prosesi adat untuk membuka palang,” kata Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua, Alexander Kapisa, Kamis (10/6/21) kemarin.

“Masyarakat adat sangat mendukung dan memberikan apresiasi yang sangat luar biasa sekali terhadap pelaksanaan PON XX ini. Sehingga kemarin kami sudah melakukan prosesi adat dan sekaligus kami menyerahkan prasasti nama Sian Soor sebagai kearifan lokal yang diusulkan oleh Pemerintah Kota Jayapura,” tambah Kapisa.

Seperti yang telah diberitakan banyak media sebelumnya, Wali Kota Jayapura, Pak Benhur Tomi Mano menolak keras jika Pemerintah Papua tetap ngotot ingin menggunakan nama Wonda Lambu di venue tenis yang berlokasi di port numbay ini.

“Jadi, saya minta jangan memberikan nama lain kepada venue ini. Tetap nama Sian Soor, kalau nama lain tetap akan kami palang dan kami tidak izinkan karena ini adalah aset kami. Dengan tegas kami menolak,” kata Tomi Mano.
Menurutnya, pemberian nama lapangan tenis tersebut harus sesuai dengan kearifan lokal Port Numbay (Kota Jayapura) karena dibangun di atas tanah Port Numbay. “Harus tetap menggunakan nama Sian Soor, tidak boleh nama lain karena tanah ini adalah aset Pemerintah Kota dan nama Sian Soor sesuai dengan kearifan lokal,” tekannya.

Venue cabang olahraga tenis yang terletak di kawasan Kantor Wali Kota Jayapura melampaui keunggulan lapangan tenis milik GBK Jakarta, dan diklaim menjadi yang terbaik se-Indonesia dan sudah berstandar internasional. Venue ini dilengkapi dengan 7 lapangan tenis yang diantaranya 3 untuk pemanasan dan 4 lainnya sebagai arena pertandingan. Venue ini juga memiliki 2 tribun yang kapasitasnya bisa menampung 500 penonton.

“Venue ini juga dilengkapi dengan dua lift, karena bangunannya 4 lantai, sehingga lift ini diperuntukkan sebagai akses disabilitas serta tamu VIP,” ujar Site Manager PT Widya Satria – PT. Citra Prasasti Konsorindo, Agung Pranata.

Nah keren banget kan gansis? Jadi udah jelas ya clear permasalahannya. Semoga kedepannya ga akan ada lagi masalah. Untuk informasi yang lebih jelas dan up to date, Agan dan Sista bisa langsung aja follow semua akun media sosial penyelenggara PON di bawah ini, jangan lupa difollow atau subscribe ya biar dapet informasi terupdate langsung diberanda agan :

Instagram

Youtube

Twitter

Facebook

Website
Diubah oleh caryancanda 13-08-2021 20:21
0
609
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan