Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

Β© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

doni056Avatar border
TS
doni056
Tips - Tips Biar Aman Nginep Dihotel Versi Ane πŸ’‹
Assalamualaikum WrWb

Malem gan.. Thread kali ini ane bakalan ngebahas mengenai hal apa saja yang harus dilakukan untuk diwaspadai saat kita menginap di hotel.



Pasti banyak kan dr agan2 yang suka traveling, menginap di hotel bersama pasangan / keluarga atau tuntutan kerjaan di banyak kota yang mengharuskan agan mencari tempat tinggal sementara seperti menginap di hotel.

Sedikit tips nih dari ane gan..
Tapi sebelumnya ane mau infoin,
Bisa dibilang ane seorang Backpacker bbrp tahun lalu yang sering travel berpindah2 kota untuk sekedar jalan2 sebelum masa pandemi.Dan setiap ane udah berada di kamar hotel ane selalu lakuin beberapa hal yang mungkin dianggap sepele tapi sebenernya sangat bermanfaat bagi keamanan n kenyamanan ane selama menginap.

Berikut tips2 dari ane gan... Yuk kita bahas satu persatu.

1. PINTU DAN LUBANG PINTU

Untuk yang pertama ane saranin buat agan2 ketika udah selesai chek in & udah berada di dlm kamar hotel yang agan pesan, pastikan untuk selalu mengecek kondisi pintu dan lubang pintu kamar tsb, karena dari sekian banyak hotel pernah ane temuin di beberapa hotel,terdapat pintu kamar hotel yang bisa dibuka meskipun sudah dalam posisi terkunci. Bisa jadi karena sudah rusak tepat di bagian pengunci pintu.

Jika agan menemui hal semacam itu ga ad salahnya agan bisa mengganjal pintu dengan barang2 yang ada di dlm kamar seperti kursi dsb.
Namun gimana jika agan nanti sedang keluar kamar? Sedangkan agan hanya seorang diri dan ga mungkin bisa menjaga barang2 agan yang sudah agan taruh di dlm kamar hotel?,,,
Jika kondisi nya demikian (agan berencana untuk banyak melakukan aktivitas di luar kamar) sebaiknya agan langsung menghubungi pihak hotel dan segera minta untuk dipindahkan ke kamar lain dengan kondisi yang lebih baik.



Selain itu pastikan juga lubang pintu kamar kita untuk selalu dalam keadaan ditutup.
Agan bisa menggunakan lakban / sejenisnya, bisa juga menggunakan sesuatu yang mudah di dapat untuk menutup lubang pintu tersebut (pasta gigi misalnya) karena dikhawatirkan bakalan ada oknum yang nakal yang sengaja mengintip aktifitas agan di dlm kamar , malahan dari beberapa sumber mengatakan bahwa pernah ada oknum hotel yang memasang kamera di lubang pintu untuk merekam aktifitas didalam kamar.

2. HIDDEN CAM


Nah yang kedua adalah selalu pastiin apakah dikamar hotel tersebut terdapat kamera tersembunyi yang bukan tidak mungkin telah di pasang oleh oknum2 nakal untuk melihat aktifitas apa aja yang kita lakuin di dlm kamar hotel.

Lalu Gimana caranya gan?..
Untuk hal pertama yang perlu agan lakuin adalah agan duduk di ranjang / tempat tidur di kamar tsb. Lalu coba agan perhatiin sekeliling tempat tidur biasanya banyak terdapat furnitur pendukung seperti lemari, meja kursi, tv media, dsb.. dari tempat agan duduk situlah agan bisa mulai mendatangi / menghampiri untuk memeriksa satu persatu bagian ruangan yang menurut agan bisa dijadikan tempat untuk menaruh kamera tersembunyi, bisa juga agan cari dengan cara meraba di setiap sudut furniture, sudut ruangan dsb.


Berlaku juga untuk kamar mandi ya gan.. sebelum agan melakukan aktifitas di kamar mandi ga ada salahnya agan mengecek & meraba setiap sudut furniture nya / bagian2 kamar mandi yang menurut agan mencurigakan.

Jika memang ada dan agan menemukan kamera itu,agan bisa langsung lepas kabelnya, kalaupun agan merasa takut kena strum atau hal lainnya opsi kedua sama seperti lubang pintu, agan bisa menutupnya dengan lakban / sesuatu yang mudah didapat fi kamar tsb sprti pasta gigi misalnya.
Mungkin memang agak susah menemukan sebuah kamera tersembunyi yang pasti setiap waktu akan semakin berkembang kecanggihan nya dari bentuk yang semakin kecil / menyerupai benda2 disekitar. Maka dari itu terus waspada ya gan.

3. CERMIN 2 ARAH

Ya.. bukan lagi hal yang banyak ditutupi, info tentang adanya cermin ganda dua arah / cermin observasi disalahgunakan oleh oknum2 nakal hotel. Jadi hal ini sangat pantas untuj kita waspadai gan. Lalu gimana solusi nya biar kita tau apakah dikamar hotel yang kita tempati terpasang cermin biasa atau terpasang cermin observasi (2 arah) ???
Pertama2 yang bisa agan lakuin adalah melihat penempatan letak cermin tsb. Apakah cermin itu diletakkan menggantung di tembok ataukah cermin itu ditempel di tembok dan dipasang seperti menjadi bagian dari tembok tsb.
Jikalau cermin itu dipasang menggantung di tembok bisa langsung agan lihat aja di belakang cermin tersebut apakah ada ruang lain atau hanya terdapat tembok padat.

Tapi yang jadi masalah adalah ketika agan menemui sebuah cermin di kamar hotel yang penempatan cermin itu dipasang menyatu dengan tembok ( seperti di cor / dilem dan menjadi bagian dari tembok itu sendiri.. gimana caranya?? Mungkin tips ini cukup berguna bagi agan smua ( selain tips menempelkan kuku jari ye gan)


1. periksa keadaan lampu penerangan di kamar yg agan tempati.. apakah sangat terang / redup.
Jika iya.. ruangan yg agan tempati sangat terang kemungkinan agan sedang menghadap ke cermin dua arah.

Jika cahaya redup dan agan tidak lagsung bisa melihat menembus cermin berarti yang agan lihat bisa jadi hanya cermin biasa. Karena pada dasarnya cermin dua arah lebih efektif jika cahaya dari orang yang bercermin memiliki 10x lipat lebih terang daripada sisi ruang belakang di cermin dua arah.


2. intip langsung cermin tsb dengan cara tempelin wajah agan lalu tangkup kedua tangan agan disekitar wajah sehingga membuat lorong gelap pada area penglihatan agan,, kalo agan melihat sesuatu yang terang di balik cermin agan / ada seperti ruang di balik cermin tsb brrti itu cermin 2 arah.


3. yang terakhir kalo agan belum yakin, agan bisa matikan semua penerangan di kamar agan, lalu terangi cermin tsb dengan senter dan dekatkan / lekatkan senter tsb ke cermin(bisa juga dengan senter hp) , jika cahaya pelan / samar berhasil menembus cermin berarti yang anda lihat itu cermin 2 arah.


4. INGAT DAN PERIKSA BARANG PRIBADI


Memang sebuah kewajiban ya gan, dimanapun ketika kita sedang bepergian kita harus selalu mengecek barang bawaan kita dari mulai yang paling sepele hingga barang yang paling penting. Begitu pula ketika kita sedang menginap di hotel, mulai dari awal kita masuk(chekin) sampai kita keluar (chekout) harus selalu kita periksa barang bawaan kita pribadi. Jangan sampai ada barang yang tertinggal ataupun tercecer di tempat tsb.
So.. tanpa harus ane jelasin detailnya sudah pasti agan2 bisa dan sudah terbiasa dengan hal yg satu ini ya..

5. PERABOT HOTEL


Next... ini yang paling sering ane temuin di kamar hotel yang ane pesan gan.
Di beberapa hotel biasanya menyediakan fasilitas perabot seperti teko listrik / ketel uap listrik, lemari es, gelas di dlm kamar yang dipesan, tapi kalo boleh ane saranin untuk fasilitas yang satu ini.. lebih baik jangan agan gunain ya. Loh kenapa???

Banyak info dari temen ane yang kerja di hotel mengaku bahwa seperti gelas dan perabot lain sejenisnya yang berada di dalam kamar itu sangat jarang dibersihkan.
Jikapun dibersihkan hanya sekedar dilap dan tidak dicuci sama sekali.. terlebih lagi tidak sedikit dari pelanggan yang memesan kamar di hotel menjadikan perabot itu sebagai tempat sampah ( bekas kondom misalnya)dsb .
Maka dari itu ane saranin untuk agan2 yang suka menginap di hotel jangan sekali-kali menggunakan perabot itu ya..

6. TEMPAT TIDUR


Yang terakhir nih gan yang paling fatal di kamar hotel yang agan pesan, yaitu kebersihan tempat tidur yang tersedia,
Agan bisa mulai cek dari bau sprei,selimut , bantal dan guling dsb.
Bisa juga agan cek dengan melihat kondisi fisik apakah ada noda atau bersih.

Sering ane jumpain di beberapa hotel banyak terdapat tempat tidur yang sprei dan selimutnya tidak bersih, dari mulai banyak noda ataupun bau yang apek yang jelas itu bisa menimbulkan ketidaknyamanan kita sewaktu kita menginap.
Jadi untuk kasus yang ini agan bisa lagsung hubungi pihak hotel nya dan lgsung meminta untuk penggantian sprei / selimut yng menurut agan kotor tsb.
Itu juga berlaku ya gan untuk handuk yang agan terima untuk dipakai selama menginap, Jadi jangan pernah sungkan untuk meminta penggantian pada pihak hotel karena hal ini bisa berpengaruh untuk kesehatan agan.

Ya siapa tau mngkn belum dicuci atau kelewatan pas jatah cuci nya jadi masih bekas pelanggan sebelumnya, karna kita juga tidak pernah tau kan pada pelanggan sebelumnya ada catatan riwayat medis apa yang bisa menimbulkan hal fatal bagi kesehatan kita.


Dan juga tips dari ane terakhirrrr sebelum agan chekout dari kamar..
Seperti anjuran dari pihak hotel pada umumnya...sebelum chekout usahakan kondisi sprei, dsb pada tempat tidur yang anda gunakan tadi dilepas smua ya, pokoknya dibuntel2 aja klo bahasa gampangnya dibuat kusut aja gan dan jgn pernah untuk dirapikan yaa...
itu berguna buat memudahkan pihak hotel melakukan penggantian sprei dsb untuk pelanggan berikutnya... biar sama2 sehat gitu gaaan...


Sekian dulu yee gan info dari ane.
Jangan lupa Rate ya gan kalau agan suka ama artikel ane kali ini.. Semoga bermanfaat bagi agan2 semuaa..

Waalaikumsalam WrWb
yeez
Remif
kyukyunana
kyukyunana dan 44 lainnya memberi reputasi
45
12.2K
126
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan