Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

reyzha.netAvatar border
TS
reyzha.net
12 Alasan Memilih WordPress
WordPress memiliki banyak kelebihan yang wajib anda pertimbangkan ketika memilih sebuah Content Management System. Jika anda hendak membangun sebuah website dan belum menentukan CMS apa yang akan dipakai, maka tulisan ini bisa menjadi bahan pertimbangan.

Dalam pembahasan kali ini kita mengulas tentang WordPress self hosted. Yaitu WordPress yang diinstal di server hosting sendiri atau awamnya banyak yang menyebut WordPress.org.

Kenapa harus WordPress? Berikut adalah alasan mengapa WordPress sangat direkomendasikan untuk anda. Ketahui apa saja keunggulan dan poin plus yang dimiliki CMS terpopuler ini.

12 Alasan Mengapa Memilih WordPress:

1. WordPress Itu Gratis

Tidak seorangpun yang akan mentah-mentah menolak sesuatu yang gratis, anda setuju bukan?

Di jajaran aplikasi atau engine pembuat website, ini merupakan salah satu yang memiliki fitur kaya dan powerful. Tapi tanpa perlu membayar apapun anda bisa mendapatkan kinerja terbaik dari sebuah CMS handal di server hosting anda.
Untuk file instalasinya berbentuk .zip ada juga yang .tar.gz, dapat diunduh langsung di WordPress.org.

Tetapi sebenarnya ada cara menginstall WordPress yang lebih cepat dan praktis tanpa mendownload file tersebut. Hampir semua penyedia layanan hosting sudah melengkapi cPanelnya dengan Softaculous atau penginstall aplikasi web otomatis.

Dan didalamnya, WordPress bisa dipastikan selalu ada untuk bisa diinstal dalam sekali klik.

2. Proses Instalasi Cepat Dan Mudah

WordPress bisa diinstal dan dibangun dengan beberapa cara, otomatis dan manual.

Cukup menentukan nama website, informasi untuk admin yang akan dipakai, memilih bahasa yang dikehendaki, WordPress akan siap dalam beberapa detik. Tentunya dengan fitur “one click auto installer” yang tersedia di dashboard cPanel anda.

Namun jika mungkin server hosting anda tidak menyediakannya, anda tetap bisa menginstal sendiri dengan mudah.

3. Dikembangkan Secara Open Source

Dengan platform sumber terbuka, WordPress dimaintain oleh jutaan pengembang dari seluruh dunia. Para pengembang berdedikasi turut mengelola WordPress untuk selalu merilis pembaruan secara berkala.

Utamanya disini adalah pembaruan untuk patch keamanan. Dengan begitu banyaknya developer yang berkontribusi, maka adanya bug ataupun celah keamanan WordPress akan langsung diperbaiki.

Walaupun WordPress kadang merilis peningkatan sub versi dalam jangka dekat (1-2 bulan), tetapi anda tidak perlu repot memperbarui secara manual.

4. Bisa Melakukan Update Secara Otomatis

Apakah anda akan membiarkan sistem managemen konten untuk website anda ketinggalan pembaruan? Tidak mengikuti perkembangan yang berlangsung pada teknologi website terkini?

Tentu update dan upgrade aplikasi web juga anda perlukan untuk mendukung kompatibilitas teknologi website yang mutakhir. Dengan WordPress anda bisa melakukan update dengan sekali klik di dasbor halaman admin.

Kabar baiknya, anda tidak diharuskan melakukan itu. Secara default, WordPress dikonfigurasi untuk mendapatkan update secara otomatis, kecuali jika anda sengaja menonaktifkan fitur ini.

Bahkan saat anda tidak online sekalipun, ketika terdapat rilis update versi baru, situs web atau blog di server anda bisa otomatis terbarui.
Jadi, CMS anda tidak akan pernah ketinggalan dalam optimasi keamanan dan fitur baru di setiap rilisnya.

5. Keamanan Tetap Bisa Dioptimalkan

Sebagai proyek opensource, mungkin salah satu kelemahannya adalah struktur kode dan sistemnya bisa diketahui siapapun. Termasuk peretas (hacker/kracker/attacker), kebanyakan memilih web berbasis WordPress sebagai sasaran.

Namun demikian, kembali ke poin 2 dan 3, anda tidak perlu meragukan keamanannya. Pembaruan oleh para pengembang, ditambah berbagai plugin security akan mengatasi masalah yang satu ini. Banyak tersedia plugin keamanan yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan situs web WordPress.

6. Siapapun Bisa Menggunakan

Biarkan para pakar yang bekerja di belakang anda. Dengan menggunakan CMS WordPress, anda tinggal membangun website seperti profesional. Dengan sedikit belajar dan menerapkan fitur-fiturnya, anda bisa membangun website yang bagus.

Katakanlah anda awam terhadap koding terutama php, tidak perlu susah untuk mempelajarinya lebih lanjut. Karena WordPress benar-benar paket yang siap pakai untuk pemula sekalipun. Tinggal install, dilanjutkan sedikit pengaturan, anda sudah siap mempublikasikan konten.

7. Kemudahan Dalam Kustomisasi

Lanjutan dari poin 5, WordPress dapat digunakan oleh yang awam sekalipun. Karena, memang mudah dikustom tampilannya, serta dapat ditambahkan berbagai fitur sesuai keinginan anda.

Yang terpenting adalah theme juga dikembangkan jutaan developer yang mengikuti kemajuan web. Seperti yang saat ini wajib diterapkan adalah responsif, hingga mobile first.

Apakah anda orang yang stylish, atau mungkin suka kesederhanaan? Mungkin juga anda ingin membuat blog dengan konten berupa teks saja? Atau mungkin hanya memajang konten berupa galeri foto, video atau karya kreatif lainnya?
Jutaan theme gratis dan premium tersedia untuk menyesuaikan tampilan yang cocok dengan konten yang anda sajikan. Hanya tinggal memilih dan menginstall sesuai selera, dan dapat dirubah seketika.

Termasuk apabila anda membutuhkan modul tambahan untuk memperkaya fitur website dan blog anda. Banyak sekali plugin yang bisa diinstall dan sebagian besar juga gratis.

8. Banyak Plugin Tersedia

Dalam kondisi tertentu anda akan memerlukan fitur tambahan untuk sebuah website. Misalnya fitur chat, formulir kontak, polling atau survey, review dan rating, dan banyak lagi. Pada saat itulah anda perlu menggunakan tambahan plugin yang bisa dinstall dari dasbor ataupun mendownload dari penyedianya.

Utamanya plugin yang digunakan sebagian besar pengguna WordPress adalah plugin SEO. Dan juga plugin untuk menunjang performa dengan menerapkan pemakaian cache dan kompresi. Sehingga banyak yang menganggap WordPress adalah aplikasi web yang SEO Friendly.

9. SEO Friendly

Jangan pusing dengan SEO. Dengan sedikit pengetahuan dan penerapan, WordPress sudah memiliki struktur yang ramah mesin pencari. Dengan pemilihan theme yang baik dan ditunjang plugin SEO, web / blog anda bisa dengan mudah terindex Google.

WordPress mendukung pengaturan title, meta tag, dan pretty permalink. Sehingga lebih ramah dengan search engine. Ini salah satu kelebihannya dibanding Blogspot.

Hampir seluruh website didunia ini berlomba untuk bisa menempati halaman depan di mesin pencari. Tapi anda tidak diharuskan menjadi SEO expert. Cukup berfokus dengan kualitas konten anda, dan otomatis akan muncul di hasil pencarian Google.

10. Memiliki Komunitas Pengguna Terluas

Dalam proses pengelolaan sebuah website tentunya akan ditemukan kendala-kendala dan permasalahan yang terjadi. Dengan beragamnya trouble dan kesulitan yang mungkin anda hadapi, tentunya anda membutuhkan pemecahan dan mencari solusinya.

Tenang, ada banyak sekali forum dan grup komunitas pecinta WordPress yang dengan senang hati akan membantu. Dari sana anda akan menemukan segala metode penyelesaian untuk setiap masalah anda.

Untuk tahap belajar sebaiknya seorang pemula mengikuti panduan dan komunitas pengguna yang menurut anda layak dijadikan panduan. Rajin blogwalking ke blog-blog tutorial WordPress seperti kafeWP.com. Apakah anda sudah berlanggan atau menambahkan bookmark alamatnya di browser anda?

11. Digunakan Mayoritas Website Besar Di Dunia

Dengan begitu banyak keunggulannya WordPress menjadi wajib menjadi pilihan. Apalagi untuk sesuatu yang dipublikasikan dibawah lisensi gratis. Namun demikian bukan berarti web / blog kecil saja yang menggunakannya.
Seberapa populer WordPress?

WordPress digunakan oleh ratusan situs besar dunia sebagai sumberdaya untuk blog mereka. Bahkan lebih dari 30% website yang ada di jagat maya ini ditenagai oleh WordPress.

Bahkan penggunaan WordPress sebagai eCommerce juga tidak kalah dengan CMS yang memang dikhususkan untuk komersil atau toko online.
Toko online? Ya, WordPres itu fleksibel, bukan hanya untuk platform blogging.

12. Bukan Sekedar Blog (Fleksibel)

Banyak lagi yang bisa anda lakukan dengan situs WordPress dalam pengembangannya. Ini bukan hanya sebuah aplikasi website untuk membuat blog saja. Dengan menggunakan plugin dan memilih tema yang kompatibel, WordPress bisa berubah menjadi forum, sosisal media, toko online, learning machine, dan sebagainya.

Kesimpulan

Duabelas poin yang saya bahas kali ini mencakup sebagian kecil keunggulan dari WordPress yang membuatnya populer dan user friendly. Ini hanya sebagian, berarti masih ada lagi. Nah, giliran anda yang sudah menggunakan dan merasakan kelebihan WordPress, silakan berbagi dan menambahkan di komentar ya.


Tulisan ini pernah diterbitkan di Kafe WP:
12 Alasan Mengapa Harus Memilih WordPress
Diubah oleh reyzha.net 05-05-2019 15:10
delia.adel
666lucifer89
666lucifer89 dan delia.adel memberi reputasi
2
1.2K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan