Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Menikmati Serunya Berpetualang di Penang, Malaysia
Bagi kamu yang ingin menjelajahi sudut lain di Malaysia, barangkali Penang dapat menjadi pilihanmu. Penang adalah sebuah negara bagian yang terdapat di Malaysia yang terdiri dari Pulau Penang seluas 293 kilometer persegi.

Untuk asal namanya sendiri sebenarnya berasal dari Pulau Penang. Selain itu, negara bagian ini juga merupakan negara bagian yang termaju dan terkaya yang terdapat di Malaysia.

Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera menjelajahi Penang? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam menikmati serunya berpetualang di Penang, Malaysia. Yuk, simak pembahasannya berikut ini.


Transportasi Menuju Penang

Penang International Airport via Stgiles

Salah satu alternative yang dapat kamu pilih untuk mencapai Penang adalah dengan menaiki pesawat dengan rute Jakarta menuju Penang. Lama waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Penang dengan menggunakan pesawat terbang adalah sekitar 2 jam 20 menit.

Range biaya yang akan kamu keluarkan untuk penerbangan sekali jalan adalah sekitar Rp 1.500.000,00 hingga Rp 2.250.000,00. Harga ini sendiri bersifat fluktuatif tergantung dengan waktu keberangkatanmu.

Beberapa pilihan maskapai penerbangan baik domestic maupun internasional yang dapat kamu pilih adalah Tiger Air, Lion Air, Sriwijaya Air, Air Asia dan juga Malaysia Air.

Namun, untuk pilihan penerbangan langsung kamu dapat mencoba untuk memilih Air Asia. Sementara itu, untuk penerbangan tidak langsung, kamu dapat memilih berbagai alternative seperti Tiger Air, Lion Air, Sriwijaya Air dan Malaysia Air.


Sekilas tentang Penang

Sekilas tentang Penang via Static Air Asia

Penang adalah sebuah destinasi wisata yang tentu saja menarik untuk kamu sambangi. Nah, salah satu hal yang harus kamu ketahui tentang Penang adalah terdapat perbedaan waktu antara Jakarta dengan Penang yaitu sekitar 1 jam.

Selain itu, untuk masalah cuaca sendiri cenderung relative sama antara Jakarta dengan Penang. Namun, untuk masalah biaya hidup di Penang cenderung lebih mahal daripada Jakarta. Tetapi, biaya ini sendiri cenderung bersifat fluktuatif dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Sebagai contoh, tariff untuk menaiki angkutan umum di Penang adalah sekitar 7.000 rupiah. Selain itu, untuk biaya makan di restoran biasa adalah sekitar Rp 35.500,00.

Jika menyambangi Penang, sebaiknya kamu melengkapi diri dengan kartu identitas pelajar atau mahasiswa. Hal ini karena hampir semua tempat wisata memberikan harga spesial atau harga khusus untuk mahasiswa maupun pelajar. Dengan demikian, kamu akan dapat sangat berhemat, bukan?

Selain itu, jangan pernah lupa untuk menawar barang-barang yang hendak kamu beli di sini. Dengan menawar, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan harga yang spesial dan lebih murah.

Selalu manfaatkan bus ketika berkeliling kota Penang. Bus umum di sini tergolong bersih, memadai dan harganya pun cenderung murah. Sebaiknya, taksi di sini sangat mahal. Usahakan agar kamu berangkat di pagi hari agar tidak terlalu banyak waktu terbuang percuma.


Memilih Penginapan di Penang
Tahapan selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah memilih penginapan terbaik selama berada di Penang. Nah, berikut ini beberapa pilihan penginapan yang dapat kamu jadikan sebagai referensi:


Chulia Mansion via Chulia Mansion
Inilah dia salah satu referensi menginap di Penang yang tentunya dapat kamu pertimbangkan. Penginapan ini adalah Chulia Mansion yang terletak di Lebuh Chulia, 10200 Pulau Penang.

Range menginap di hotel ini mulai dari 178 ringgit. Kamar hotel ini memang tidak begitu besar, namun sangat bersih. Selain itu, kamu juga dapat menikmati fasilitas air hangat dan kamar mandi yang bersih di hotel ini. Kamu juga mendapatkan perlengkapan mandi selama berada di hotel ini.

Fasilitas lainnya yang terdapat di kamar hotel ini adalah TV layar datar, meja rias, gantungan baju, wifi dan lain-lain.

Hotel ini juga dapat kamu jadikan sebagai referensi karena letaknya yang cukup strategis. Kamu dapat berjalan kaki sekitar 15 meter menuju Little India, berjalan kaki 5 menit menuju Museum Camera dan juga 15 menit berjalan kaki menuju Museum Peranakan.


Yang Keng Hotel via Yang Keng Hotel

Masih penasaran dan ingin mengetahui referensi penginapan lain di Penang? Mungkin kamu bisa juga memilih Yang Keng Hotel ini sebagai referensi.

Yang Keng Hotel terletak di 362 dan 366 Chulia Street, World Heritage City of Penang, 10600 Georgetown. Bagi kamu yang menyukai tipikal rumah tua, maka kamu akan menyukai hotel cantik yang satu ini.

Hotel ini menawarkan kamar yang cantik dan tentunya menyenangkan untuk ditinggali. Selain itu, lokasi hotel ini juga strategis sehingga memudahkanmu untuk menyambangi berbagai destinasi wisata di Penang.


Mengunjungi Penang Hill

Mengunjungi Penang Hill via Wikimedia

Nah, untuk mengawali perjalanan wisatamu selama berada di Penang, kamu dapat memulainya dengan menyambangi Penang Hill. Sesuai namanya, Penang Hill adalah sebuah kawasan perbukitan yang terdapat di Penang.

Jika kamu ingin menyambangi puncak Penang, kamu harus menaiki Penang Hill Railway terlebih dahulu. Di tempat ini, kamu juga dapat mengunjungi salah satu tempat menarik yaitu Owl Museum.

Tempat ini juga memiliki nama lain Bukit Bendera. Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Penang Hill adalah kamu dapat merasakan sejuknya udara di sekitar kawasan ini. Hal inilah yang menyebabkan kawasan ini menjadi salah satu destinasi favorit yang sering dikunjungi wisatawan selama berada di Penang.

Nah, mengenai Penang Hill Railway sendiri kamu dapat memperhatikan beberapa info berikut. Kereta ini beroperasi dari pukul 9 pagi hingga 11 malam. Selama menaiki kereta ini, kamu dapat melihat pemandangan indah dan menawan yang ditampilkan di sepanjang perjalanan tersebut.

Harga tiket kereta di sini adalah 30 RM untuk dewasa, 15 RM untuk anak-anak dibawah 12 tahun, dan 15 RM juga untuk pelajar. Kereta di sini juga didesain secara unik karena memiliki kemiringan mencapai sekitar 45 derajat karena disesuaikan dengan kemiringan bukit.

Alternatif lain adalah dengan menggunakan taksi. Namun, yang harus kamu perhatikan adalah taksi di daerah ini biasanya tidak menggunakan taksi. Untuk itu, sebaiknya kamu bertanya terlebih dahulu kepada petugas hotel mengenai biaya yang sesuai dengan rute yang akan kamu tempuh.


Mengunjungi Owl Museum

Owl Museum via Penang Tourist Center

Nah, selanjutnya, inilah dia destinasi wisata di Penang yang tentu saja dapat kamu jadikan sebagai referensi. Destinasi wisata ini adalah Owl Museum yang terletak tidak begitu jauh dari Penang Hill.

Ketika kamu sudah mencapai Penang Hill, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan diri untuk menyambangi Owl Museum yang satu ini.

Museum ini sangat disarankan bagi kamu yang menyukai burung hantu. Walaupun di dalamnya tidak terdapat burung hantu asli, tetapi kamu tetap dapat menikmati kunjunganmu selama berada di museum ini.

Museum ini berukuran tidak begitu besar. Di dalamnya terdapat berbagai macam jenis artwork yang terinspirasi dari burung hantu. Di tempat ini terdapat lukisan burung hantu, patung burung hantu dan berbagai macam merchandise burung hantu.

Biaya yang harus kamu keluarkan untuk memasuki kawasan museum ini adalah sekitar 10 ringgit untuk dewasa namun gratis untuk anak-anak.

Begitu keluar dari museum ini, kamu dapat melihat berbagai souvenir yang berbentuk burung hantu. Selain itu, museum ini ternyata juga merupakan museum bertema art and craft burung hantu pertama yang terdapat di Asia Tenggara.


Menyambangi Kek Long Si

Kek Long Si via Penang Traveltips

Masih bersemangat ingin menjelajahi Penang? Kali ini, kamu dapat mencoba untuk menjelajahi Kek Long Si yang satu ini. Kek Long Si sendiri merupakan kuil Buddha yang memiliki arsitektur yang khas dan menarik.

Kuil ini memiliki desain yang sangat cantik dan menawan. Nah, bagi beberapa traveler yang sudah menjelajahi Penang, Kek Long Si adalah salah satu destinasi wisata yang paling direkomendasikan selama berada di Penang.

Kek Long Si sendiri terletak di kawasan Georgetown yang juga merupakan ibukota Malaysia Utara. Lokasi tepat dari kuil ini adalah di kawasan puncak bukit Kwok San, Air Itam.

Jika ingin memasuki kawasan kuil ini, tidak ada biaya yang dikeluarkan alias gratis. Namun, jika kamu ingin memasuki kawasan pagoda, kamu harus mengeluarkan biaya sekitar 2 ringgit.

Kuil ini juga sangat luas dan terdapat banyak tanjakan. Namun, tenang saja karena semuanya tidak akan sia-sia karena kamu akan dapat melihat pemandangan cantik yang berada di kuil ini. Menyenangkan sekali, bukan?

Seperti halnya kuil- kuil Buddha pada umumnya, di kuil ini terdapat banyak rupang Buddha dan rupang- rupang khas Buddhism lainnya. Rupang tersebut sangat banyak, mungkin ada ribuan.

Nah, di sekitar kawasan kuil ini juga terdapat pohon harapan. Pohon harapan adalah sebuah pohon dimana kita dapat menggantungkan harapan-harapan kita di ranting-ranting pohon tersebut.

Untuk dapat menggantungkan harapan di sini, kamu tinggal membeli pita harapan yang telah disediakan. Biaya yang kamu keluarkan untuk satu pita harapan adalah sekitar 1 ringgit. Sebagai contoh kamu dapat memilih pita harapan dengan tulisan “Good looking” karena mitosnya kamu akan semakin terlihat good looking setelah menggantung pita harapan tersebut.


Melihat Lebih Dekat Toy Museum

Toy Museum via Travelingape

Nah, inilah dia destinasi wisata selanjutnya di Penang yang tentu saja dapat kamu masukkan ke dalam daftar destinasi wisatamu selama berada di Penang. Destinasi wisata ini adalah Toy Museum.

Meski namanya adalah Toy Museum, tetapi museum ini bukan sepenuhnya untuk anak-anak. Kamu pun dapat mencoba untuk menyambangi destinasi wisata yang satu ini. Lokasi tepat dari museum ini adalah di Teluk Bahang.

Di dalam museum ini, terdapat lebih dari 100.000 koleksi mainan yang dapat kamu nikmati. Di tempat ini terdapat boneka, figure, patung mainan dan masih banyak lagi lainnya. Dijamin, kamu akan merasa betah berlama-lama berada di Toy Museum yang satu ini.

Museum ini juga masuk dalam Malaysian Book of Record dan tercatat sebagai museum mainan pertama yang terdapat di Malaysia.

Bagi kamu yang merupakan pecinta Tim Burton (seniman sekaligus sutradara bergenre horror dan gothic), maka kamu akan sangat menyukai perjalanan wisata dalam menyambangi tempat ini. Hal ini karena kamu akan menemukan berbagai koleksi Tim Burton di tempat ini.

Di tempat ini kamu juga dapat menemukan berbagai jenis dan genre permainan. Sebagai contoh, kamu dapat menemukan Barbie, Pirates of Carribean, Gundam, Doraemon, Dragon Ball, dan masih banyak lainnya.

Dengan demikian, kamu pasti akan menemukan berbagai karakter favoritmu ketika kamu menyambangi tempat ini. Untuk melengkapi perjalanan wisatamu selama berada di Penang, kamu dapat menyempatkan diri untuk menyambangi tempat yang satu ini.


Menyambangi Tropical Spice Garden

Menyambangi Tropical Spice Garden via Media Timeout

Kamu masih ingin menyambangi destinasi wisata lainnya yang terdapat di Penang? Nah, setelah melihat beberapa museum unik yang terdapat di Penang, kamu dapat mencoba untuk menyambangi Tropical Spice Garden yang satu ini.

Tempat ini sangat identic dengan belajar sambil bermain. Nah, ketika kamu mulai mengeksplor tempat ini, kamu dapat melihat suasana hutan tropis yang juga dilengkapi dengan belajar mengenai tanaman-tanaman yang terdapat di tempat ini.

Tempat ini terletak tidak begitu jauh dari Toy Museum dan masih terletak di kawasan Teluk Bahang. Untuk itu, tidak ada salahnya menyambangi destinasi wisata yang satu ini setelah menyambangi Toy Museum.

Harga tiket masuk yang harus kamu keluarkan jika ingin memasuki Tropical Spice Garden ini adalah sekitar 26 ringgit. Sementara itu, harga tiket masuk untuk pelajar adalah 20 ringgit.

Setelah kamu membeli tiket, kamu akan dipinjamkan sebuah remote. Remote tersebut berfungsi sebagai guide yang akan membimbing perjalananmu selama kamu mengeksplor hutan yang satu ini.

Nah, kamu tinggal memencet tombol angka yang disesuaikan dengan tanaman-tanaman yang terdapat di hutan ini. Kamu kemudian akan mendapatkan penjelasan mengenai tanaman tersebut yang disesuaikan dengan berbagai bahasa seperti bahasa Inggris/ Mandarin/ Melayu/ Arab/ Jepang/ Jerman dan Perancis.

Nah, walaupun tempat ini berbentuk hutan tetapi kamu juga dapat menemukan berbagai wahana wisata lain di tempat ini yang akan membuat perjalananmu menyambangi tempat ini menjadi semakin menyenangkan.

Wahana tersebut antara lain adalah Giant Swing (ayunan raksasa yang berada di ketinggian), ada juga mainan seluncuran yang panjang, dan semacam tea house. Di dalam tea house, kamu dapat menikmati the herbal sambil melihat pemandangan berupa hutan tropis.


Mengunjungi Fort Cornwallis

Fort Cornwallis via Tropics Holiday

Selanjutnya, inilah dia destinasi wisata lainnya di Penang yang dapat kamu sambangi. Destinasi wisata ini adalah Fort Cornwallis.

Fort Cornwallis adalah sebuah benteng kuno yang terletak di kawasan Georgetown. Untuk memasuki benteng kuno ini, kamu harus membayar tiket masuk sebesar 20 ringgit. Ketika memasuki benteng ini, kamu juga akan mendapatkan compliment berupa sebotol air mineral.

Sebagian besar kawasan benteng ini berupa hamparan lahan yang luas namun dibentengi. Tetapi, terdapat satu keistimewaan Fort Cornwallis dimana bagian dalamnya ditata sedemikian rupa agar menjadi indah dan berfungsi sebagai taman.

Dinding benteng ini memiliki ketinggian mencapai tiga meter. Ketika memasuki benteng ini, kamu dapat melihat berbagai benda-benda kuno yang konon sudah ada sejak berabad-abad yang lalu.

Benda-benda tersebut antara lain adalah kapel, sel penjara, daerah penyimpanan amunisi, lampu pelabuhan, tiang bendera, dan beberapa meriam. Tempat ini juga sangat cocok sekali untuk bersantai.


Nah, itulah dia penjelasan mengenai serunya berwisata di Penang. Penang menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik untuk kamu sambangi, bukan?

Happy traveling!


SUMBER
0
12K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan