Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hebiryuAvatar border
TS
hebiryu
Magic dalam Kebudayaan Islam di abad pertengahan
Salam

Kali ini saya akan sharing tentang magic / sihir dalam kebudayaan Islam di jaman pertengahan.
Kita disini tidak akan memberikan judgement bener / salah.
Kita hanya melihat sebuah gambar. mengenai apa yg terjadi dengan magic / sihir / ilmu gaib cengkok Islam di abad pertengahan.

materi akan saya tambahkan kalo udah di approve sama bos hateisworthless.




Bab 1 : Darul Islam di Abad Pertengahan

Mari kita tinggalkan zaman now, mundur 1000 tahun masuk ke zaman pertengahan. zaman ketika tidak ada internet, tidak ada lampu. pinsil kertas dan tinta adalah sesuatu yang langka dan mahal, hanya dimiliki oleh para penguasa. di zaman itu, penyampaian keilmuan ( knowledge transmission ) dilakukan melalui tradisi lisan. korespondensi dan diskusi melalui surat dilakukan menunggu waktu 2-3 bulan menggunakan kafilah dagang jalur darat dan kafilah laut.

Sejarah barat membagi jaman menjadi 3 :
- classical antiquity ( baca nya antikiti )
- medieval / middle ages
- modern era

Medieval diterjemahkan dalam bahasa indonesia menjadi zaman pertengahan. Zaman pertengahan dimulai dari berkurangnya kekuasaan roman empire (sekitar 450) hingga ke keluarnya eropa dari dark age dengan mengadopsi ilmu-ilmu dari dunia timur.

Islam bangkit sangat cepat. sebelum muncul nya nabi, orang arab hanyalah suku suku padang pasir yg saling menyerang satu sama lain tanpa sense of greatness dan tanpa purpose. mereka saling mencela dan saling membalas dendam bila ada satu suku yg mengganggu suku lain.
1. diawali dengan kebangkitkan di Mekkah & Madinah
2. Kepemimpinan di Khulafaur Rasyidin
3. pemberontakan Muawiyah di Mesir, hingga muncullah dinasti umayad ( 661 - 750 )

Dibawah dinasti umayad ini darul Islam membentang dari Atlantis hingga Afghanistan Utara

Kebesaran Umayad dilanjutkan oleh dinasi Abbasid yg membuat ibukota baru di baghdad hingga akhirnya habis oleh serbuan mongol.
di dinasi Abbasid inilah yg disebut sebagai golden age of Islam.

Bayangkan Amerika skrg dengan taylor swirft / justin bieber & korea dengan SNSD dimana apa yg mereka lakukan menjadi panutan & pusat perhatian seluruh isi dunia. Begitulah Islam pada golden age, setiap produk kebudayaan nya menjadi sesuatu yg trendy dan dipuja-puja oleh semua yang menyaksikan.

Jadi inilah Darul Islam pada abad pertengahan. membentang 5x ukuran Indonesian. memayungi berbagai macam kebudayaan pendahulunya : pagan romawi, pagan egypt , pagan sumeria, pagan persia, pagan phoenicia, etc. etc..




Bab 2 : The Big Picture
Diubah oleh hebiryu 19-11-2017 04:04
0
3.3K
15
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan