Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

babekepikAvatar border
TS
babekepik
13 Cara Ampuh Mempromosikan Bisnis Anda


Jika anda adalah seorang pebisnis atau seorang online marketer, maka artikel ini pas buat anda. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing pengetahuan saya seputar pemasaran produk. Artikel ini saya tujukan bagi mereka yang baru memulai bisnis dan ingin tahu cara memasarkan produk mereka. Bagi para seorang pebisnis atau marketer professional mungkin sudah tahu hal ini, tapi bila ingin menyimak atau menambahkan, dengan senang hati sangat dipersilahkan.

Bagi seorang pebisnis, memahami cara memasarkan produk mereka adalah hal yang fundamental. Sebagus apapun produk ataupun jasa yang mereka tawarkan, jika pemasarannya tidak tepat sasaran maka tidak akan membuahkan hasil. Sebenarnya ada banyak cara untuk memasarkan produk anda yang memiliki potensi besar untuk menghasilkan conversi. Hanya saja, metode yang digunakan harus disesuaikan dengan produk yang anda jual. Tidak semua metode cocok dengan segala macam produk.

Lalu gan, bagimana cara metode promosi yang baik dan cocok bagi bisnis saya?

Berikut saya susun beberapa metode yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan produk anda:

1. Everybody Love Diskon, Then Create One
Cara ini merupakan salah satu cara paling klasik dalam pemasaran, namun sangat efektif! Siapa yang tidak suka diskon, apalagi jika seseorang sedang membutuhkan suatu produk dan melihat anda menyediakan produk yang mereka butuhkan beserta diskonnya.

2. Bonus
Satu lagi cara klasik dalam mendatangkan konsumen. Namun, terkadang cara ini hanya mendatangkan konsumen musiman. Maksudnya, mereka hanya akan datang ketika anda sedang memberikan bonus di waktu tertentu. Anda bisa mengakali hal ini dengan cara memberikan bonus yang bersifat continuity. Seperti bonus sebuah CD dari satu series dan semacamnya.

3. Kupon atau Voucher
Jika anda suka belanja onlie di e-commerce, maka pasti tidak asing dengan yang satu ini. Selain mendorong customer untuk melakukan pembelian, kupon atau voucher ini juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan animo publik terhadap produk anda. Anda bisa memberikan kupon atau voucher terhadap customer tetap anda atau melakukan quiz di sosial media yang berhadiah voucher.

4. Free Trial
Jika anda bergerak dalam bisnis service atau jasa, maka cara promosi free trial ini wajib anda gunakan. Kebanyakan calon pembeli butuh anda untuk meyakinkan mereka terhadap jasa yang anda tawarkan. Dengan metode free trial, mereka dapat merasakan sendiri kualitas dari layanan yang anda berikan.

5. Membership
Salah satu keuntungan dari metode ini adalah, anda berpeluang besar mendapatkan konsumer loyal di bisnis anda. Logikanya, seorang customer yang membuat membership memiliki interest lebih dan cenderung ingin memakai jasa anda lagi kedepannya. Oleh karena itu, berikan perlakuan khusus dan harga yang miring bagi para membership layanan anda.

6. Berikan Service Dalam Produk
Metode ini efektif untuk semua jenis bisnis, baik itu produk ataupun jasa. Jika anda bergerak dalam bisnis produk, berikan service pemasarangan atau garansi selama beberapa bulan. Dan jika anda bergerak dalam bidang layanan, berikan maintenance gratis untuk beberapa waktu. Hal ini akan sangat membantu konsumen, mereka tidak perlu repot-repot mengocek uang lebih dalam untuk pemasangan produk anda ataupun jika produk yang mereka beli bermasalah.

7. Permudah Kostumer Untuk Memahami Produk Anda
Salah satu hal yang dapat menarik konsumen untuk membeli produk anda adalah kemudahan pemakaian produk. Dengan memberikan publikasi yang jelas terhadap cara pakai dan kelebihan produk anda, mereka akan lebih tertarik untuk membeli produk anda.

8. Forum is Powerful
Ini merupakana salah satu metode pemasaran online yang efektif. Forum biasanya berisi komunitas-komunitas yang menyukai sesuatu. Jika bisnis anda bergerak dalam bidang spare part motor, maka posting produk anda di forum otomotif. Selain lebih tertarget, hal ini bisa meningkatkan presentasi pembelian produk anda.

9. Social Media Tempat Promosi Terbaik
Sekarang sudah jamannya serba digital. Bahkan krim-krim yang tidak jelas mereknya sudah memiliki social media mereka sendiri. Maka anda juga harus punya. Promosikan produk atau jasa anda di berbagai media sosial. Menurut beberapa situs digital marketing terpercaya, Hampir 80% penjualan datang dari customer di social media. Dengan kata lain, promosi di social media merupakan langkah jitu untuk diterapkan.

10. Buat Iklan
Satu lagi cara klasik untuk mempromosikan produk anda. Ada banyak cara menggunakan iklan, baik itu secara online ataupun offline. Namun untuk membuat iklan, biaya yang harus anda keluarga cukup besar. Bila bisnis anda punya modal lebih, metode ini cocok untuk anda pakai. Tapi tidak disarankan bagi mereka yang baru merintis.

11. Upsell
Metode ini memanfaatkan rasa manusiawi manusia terhadap sesuatu, atau yang dikenal dengan kepo.. maksud saya penasaran. Jika anda memiliki berbagai jenis produk, maka anda bisa memanfaatkan space kosong di toko anda untuk memajang banner produk-produk anda dengan design yang menarik. Hal ini akan membuat pelanggan anda penasaran terhadap produk tersebut dan berniat mencoba.

12. Free Shipping
Salah satu faktor seorang melakukan pembelian secara banyak di suatu tempat adalah karena ongkos pengirimannya gratis. Cara ini terbukti ampuh untuk mendatangkan pelanggan karena kebanyakan calon pembeli mencari suatu tempat yang menyediakan jasa free shipping.

13. Blog Khusus Produk
Berkembangnya dunia teknologi telah mencakup di seluruh bidang, termasuk pemasaran. Salah satunya adalah blogging. Dengan blog. Anda bisa menulis artikel tentang kelebihan produk yang anda jual sesuai standart SEO. Anda juga bisa menulis artikel yang berhubungan dengan produk anda.

Sekian tips dari saya untuk memasarkan bisnis anda. Bagi anda yang tidak mau report memikirkan pemasaran produk mereka, sebenarnya ada beberapa jasa promosi yang bisa membantu anda. Tapi menurut saya, seorang pebisnis harus bisa memasarkan produk mereka sendiri atau paling tidak tahu fundamental dari dunia marketing. Semoga bermanfaat bagi anda. Jika anda memiliki cara ampuh lainnya, monggo dishare komen dibawah. Sharing is caring. Keep the enterpreneur spirit up guys!
0
2.4K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan