Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sharitaAvatar border
TS
sharita
Mahasiswa Malang Jadikan Air Laut Media Tanam Sayur, Hasilnya ...
Mahasiswa Malang Jadikan Air Laut Media Tanam Sayuran, Hasilnya...
6 Juni 2017

Ilustrasi hidroponik laut

Air hasil destilasi inilah yang digunakan sebagai media budidaya secara hidroponik di pesisir Pantai Selatan Malang.

Otonomi.co.id - Pesisir merupakan salah satu daerah yang cukup sulit mendapatkan pasokan air tawar, terlebih untuk media tanam sayur mayur. Namun kini di tangan lima mahasiswa asal Universitas Brawijaya Malang, air laut bisa menjadi media untuk menanam sayuran.

Permasalahan tersebut coba dipecahkan oleh kelompok Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) yang terdiri dari Lantip Titik Sarici, Diki Darmawan, Rizky Adha Lubis, Laela Fitriani, dan Adam Harika. Sebagai ketua pelaksana pengabdian, Lantip mengatakan mereka tergerak untuk mengubah dan memanfaatkan air laut untuk didestilasi sehingga menjadi air tawar.

Air hasil destilasi inilah yang digunakan sebagai media budidaya secara hidroponik di pesisir Pantai Selatan Malang. "Alat destilasi ini dibuat dengan bahan yang sangat sederhana yaitu berupa kaca yang dibentuk seperti trapesium, sehingga mudah diaplikasikan ke masyarakat,” ujarnya yang dilansir dari Youngsters.id, Selasa 6 Juni 2017.

Proses destilasi dimulai dari air laut dimasukkan ke dalam ruang destilasi kemudian dengan memanfaatkan panas matahari, air laut yang berada di ruang destilasi akan menguap sehingga membentuk titik-titik embun. Titik-titik embun tersebut akan dialirkan ke lubang penampungan air tawar.

"Apabila panas matahari maksimal air destilasi dapat mencapai 600 ml per hari dan sampai saat ini hasil destilasi tersebut mencapai 25 liter sampai 30 liter air tawar,” ujar Diki.

Dengan air hasil destilasi tersebut bisa dimanfaatkan untuk media budi daya hidroponik. Sementara ini, masyarakat Dusun Sendang Biru sudah melakukan budi daya tanaman sawi, kangkung, dan bayam.

Lantip berharap dengan adanya program pengabdian masyarakat ini Dusun Sendang Biru dapat menjadi daerah percontohan pengambangan pertanian hidroponik di daerah pesisir lain di Indonesia
https://m.otonomi.co.id/orbit/keren-5-mahasiswa-asal-malang-jadikan-air-laut-media-tanam-sayuran-170606v.html

-------------

Ini namanya pemuda harapan bangsa

emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh sharita 06-06-2017 08:01
nona212
tien212700
tien212700 dan nona212 memberi reputasi
2
15.8K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan