Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Anime Yang Menampilkan Unsur Indonesia
Beberapa anime cukup populer di Indonesia dan ditayangkan di beberapa stasiun televisi nasional. Namun tahukah kalian kalau ada beberapa anime yang mengandung/memasukan unsur-unsur Indonesia di dalamnya?

Ada yang menampilkan bahasa Indonesia, flora dan fauna khas Indonesia, perusahaan Indonesia dan ada juga yang menamilkan nama-nama orang Indoesia. Beberapa diantaranya memperlihatkan unsur Indonesia secara terang-terangan dan beberapa menampilkan unsur Indonesia secara sembunyi-sembunyi.

Langsung saja, berikut ini adalah anime yang mengandung unsur-unsur Indonesia...

1. Dragon Ball

Anime yang satu ini saya rasa cukup populer di Indonesia, terutama di kalangan anak-anak. Namun percayakah kalian kalau salah satu adegan penting dalam anime ini mengambil lokasi di Bali, Indonesia? Tidak percaya? Silahkan lihat gambar di bawah ini.



Bali lah tempat turnamen bela diri Tenkaichi diadakan. Sebagai bukti, ada beberapa tulisan berbahasa Indonesia seperti Dingin Es, Grampedia, Bali, Singaraja, Nanas Cukup-Cukup dan lain-lain.

2. Detective Conan
Di anime/manga Detektif Conan ternyata juga terdapat unsur Indonesia yaitu Barong Bali. Barong khas Bali tersebut ditampilkan pada episode 184.



3. Digimon Adventure

Anime ini dulu pernah ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia dan menjadi tontonan masa kecil kita. Salah satu digimon dalam anime ini ada yang bernama Baromon, nama digimon tersebut diambil dari salah satu unsur Indonesia yaitu Barong Bali.



Sekilas tentang Baromon, Baromon merupakan salah satu Digimon di VP Labs saat Takato Matsuki dan Kai Urazoe usaha di sana untuk menyelamatkan Minami Uehara.


4. Jormungand

Anime ini dengan jelas menampilkan Jakarta dalam salah satu scence-nya. Anime yang satu ini menampilkan Indomaret, Bajaj, Wisma 46 (Bangunan tertinggi di Indonesia), uang Rp50.000, nasi goreng, es doger,es teler dan masih banyak lagi.





5. Shokugeki no Soma

Anime ini sangat terkenal di tahun di tahun 2015 dan banyak dibicarakan di Indonesia karena ada makanan Indonesia yang ditampilkan di anime ini yaitu "Tempe."





6. Naruto

Saya rasa Naruto merupakan anime yang paling populer di Indonesia, Anime Naruto ternyata juga pernah menampilkan salah satu tanaman khas Indonesia yaitu Raflesia Arnoldi.



Selain Raflesia Arnoldi ada juga beberapa unsur-unsur Indonesia lain di dalam anime ini seperti pedang Susano'o yang menyerupai keris, komodo, jubah akatsuki yang menyerupai batik Cirebon, terdapat patung candi yang menyerupai Borobudur (Naruto The Last,) dan lain-lain.



7. Ouran Highschool Boys




Anime shoujo ini menampilkan bali sebagai salah satu lokasi salah satu scence dengan salah satu karakternya menjadi raja bali dan semua karakternya mengenakan pakaian dan aksesoris khas Bali. Yang lebih hebatnya lagi live action dari anime ini juga membuat adegan ini.

8. Akame Ga Kill



Jika kalian menonton anime ini, maka kalian akan mendengar suara musik gamelan dan bunyi "cak! cak! cak!" (seperti pada 1CAK tari kecak) pada setiap adegan battle/pertarungan pada anime Akame Ga Kill in

9. To Aru Majutsu no Index

Salah satu tokoh anime ini mengucapkan salah satu makanan dengan bahasa Indonesia yaitu "Nasi Goreng"



10. Clannad

Jika kalian menonton anime ini saya rasa kalian akan dengan mudah menemukan unsur Indonesia di dalamnya, karena salah satu scence atau adegan di anime ini berlokasi di Jakarta dan menggunakan bahasa Indonesia (meskipun samar-samar).



11. One Piece



Banyak yang bilang kalau celana yang dikenakan God Enel merupakan referensi dari Batik Indonesia. Selain itu ada juga telinga Enel yang panjang juga mirip dengan salah satu tokoh mitologi Indonesia (referensi ke suku Dayak)


Selain itu juga ad rumah gadang asal sumbar di OP.


12. Terra Formars

Terdapat spesies hewan yang ditampilkan di anime ini yaitu "Sia Ferox" atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Jangkrik Raksasa. Dalam anime ini Sia Ferox tampak sangat kuat, ganas, dan mengerikan meskipun pada akhirnya Sia Ferox tetap kalah melawan Bos Kecoa.



13. Dinosaur King

Ternyata anime Dinosour King ini pernah mengambil lokasi pertarungan di Indonesia lebih tepatnya di pulau Bali yaitu pada episode 18. Berita ini sempat samar-samar dan diragukan akan tetapi berdasarkan data Dinosaur King Wikia pulau tersebut telah dikonfirmasi sebagai pulau Bali yang ada di Indonesia.



14. D. Gray-Man

Lagi-lagi salah satu makanan khas Indonesia ditampilkan di anime jepang, yap... apa lagi kalau bukan Nasi Goreng.



15. Gundam 08th MS Team

Anime Gundam ini juga mengandung unsur Indonesia di dalamnya. Ada salah satu tokoh yang bernama "Kiki Rosita (Logita)" yang merupakan gerilyawati lokal dari Borneo (Kalimantan).



16. History's Strongest Disciple Kenichi

Hmm... sebenanya History's Strongest Disciple Kenichi ini belum dibuat animenya, tapi tidak ada salahnya kan kalau saya masukkan dalam list ini?

Manga ini dikenal cukup banyak memasukkan tokoh/karakter Indonesia di dalamnya. Ada 2 tokoh asal Indonesia yang berperan penting dalam manga ini yaitu Radin Tidat Jihan dan Slicardo Jenazad. Dua tokoh tersebut merupakan praktisi Pencak Silat terkemuka dalam manga yang satu ini.


(Gambar Radin Tidat Jihan)

17. Computer Kokumei: Saikyou x Saisoku no Zunou Tanjou

Anime ini mengisahkan tentang gempa bumi besar yang melanda seluruh dunia. Ayah dari tokoh utama di anime ini mendedikasikan dirinya untuk membuat sebuah alat yang super canggih untuk memberitahu, mencegah, dan menanggulani jika gempa bumi melanda. Nah salah satu tempat yang ingin dikunjungi adalah Indonesia.



18. Rahxephon



Salah satu tokoh pendukung dalam anime ini ada yang berasal dari Indonesia yaitu Elvy Hidayat. Elvy merupakan pilot yang handal serta berbakat dan memakai code name "Bunga Mawar" (disebutkan dalam bahasa Indonesia).

19. Buddy Complex

Seperti yang anda lihat pada gambar dibawah, saat scence pesawat terdapat logo salah satu maskapai penerbangan asal Indonesia yaitu Garuda Indonesia. Selain itu terdapat juga karakter yang bernama "Soeharto".



20. Pscyhoo-Pass

Anime action yang satu ini ternyata juga menampilkan unsur Indonesia yaitu nama-nama orang Indonesia seperti Denden, Sumarsono, Zainuri, Soeharto, dan masih banyak lagi.



21. Hajimo no Ippo: Rissing

Ada salah satu petinju nasional kelas ringan asal Papua, Indonesia yang ditampilkan dalam anime ini, namanya adalah Papaya Dachiu.



22. Gj-Bu
Hanya sedikit orang yang melihat unsur Indonesia di dalam anime ini, karena letaknya yang tersembunyi yaitu di pojok kanan bawah.



23. Grisaia no Rakuen
Anime yang satu ini menampilkan salah satu tokoh/karakternya sedang berada di Indonesia.



24. Arakawa Under the Bridge
Salah satu pulau besar di Indonesia disebutkan dalam anime Arakawa Under the Bridge ini, yaitu pulau Jawa (Java).



25. BTOOM
Jika kalian sudah menonton anime ini tentu anda akan menyadari kalau terdapat sebuah pulau yang memiliki banyak komodo, Yap... apalagi kalau bukan pulau komodo.




26. Code Geass
Anime ini ternyata juga menyebutkan Jakarta disaat kerusuhan parah sedang melanda dunia.



27. Ping Pong the Animation
Salah satu tokoh atau karakter Protagonis dalam anime ini menyebutkan "Papua" setelah diselamatkan oleh temannya akibat tenggelam di pantai (laut).



28. Nichijou

Salah satu karakter dalam anime ini yaitu Aioi Yokko mengatakkan "Selamat Pagi" selain selamat pagi ia juga pernah mengatakan "Selamat Tinggal" dan "Selamat Malam" dalam bahasa Indonesia.




29. Chuunibyou Demo Koi ga Shitai

Anime ini adalah anime yang bikin jleb untuk para wibu terutama untuk penderita penyakit Chuunibyou, sebab kalau kamu melihat anime ini kamu akan terasa seperti mengingat masa lalu kamu ketika sedang meniru-nirukan karakter yang kamu impikan. Saya juga pernah mengalami hal tersebut, di tahun 2012 ketika anime ini tayang saya seperti mengingat masa lalu saya ketika sedang menjadi Chuunibyou. Rasanya malu tidak karuan ya kurang lebih begitulah. Di sisi lain saya juga mengingat betul kalau anime ini pernah menampilkan ibukota Indonesia, Jakarta.



30. History’s Strongest Disciple Kenichi – Radin Tidat Jihan & Silcardo Jenazad

Seri ini merupakan seri yang dikenal cukup banyak memasukkan karakter dari Indonesia. Radin dan Silcardo Jenazad adalah 2 karakter dengan peran paling penting dari karakter Indonesia yang ada di seri ini. Sebagai manga dengan tema bela diri, Radin dan Silcardo Jenazad adalah praktisi Pencak Silat terkemuka dalam manga-nya.



Unsur Indonesia dalam karakter ini cukup kental, dari pakaian yang mereka kenakan hingga nama jurusnya yang benar-benar memakai bahasa Indonesia.

31. Captain Tsubatsa

Captain Tsubasa dan timnya yang pernah mampir di Jakarta dalam ajang World Youth.



32. Smash



Sebagai negara yang (pernah) merajai cabang bulutangkis, tentu akan sangat aneh jika nama pebulutangkis Indonesia tidak disebut di manga sport bertema bulutangkis seperti Smash ini. Dan Taufik Hidayat dengan jurus backhand smash nya yang melegenda itupun dijadikan referensi, tapi serius? ada yang bisa meniru backhand-smash nya Taufik Hidayat di manga ini!?


33. Meshibana Keiji Tachibana






Manga ini bercerita tentang seorang detektif yang bernama Tachibana yang suka makan dan memiliki pengetahuan yang luas tentang makanan. Obrolan tentang makanan pun menjadi andalannya saat mengintrogasi tersangka yang susah dimintai keterangan. Tentu saja manga ini banyak membahas tentang makanan, tetapi ternyata makanan dari Indonesia yang sudah mendunia pun tak kelewatan menjadi bahasan detektif Tachibana, apa lagi kalau bukan the all mighty Indomie. Detektif Tachibana dalam salah satu chapter manga ini menjelaskan tentang enaknya mie instant Indomie dan Indonesia sebagai negara mie instant terbesar. Ya, mie instan, makanan yang sering dihina sebagai makanan akhir bulan itu memang sangat digemari di luar negeri, berbanggalah, anak kost! (oh dan manga ini juga sudah diangkat menjadi live-action pada tahun 2013).

Sumber: Google

emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh c4punk1950... 14-04-2017 16:09
0
9.9K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan