Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dianabagus23Avatar border
TS
dianabagus23
Peneliti Buat Jantung Manusia Dari Daun Bayam!



Daun bayam ternyata gak cuma bisa dimasak dan bikin kenyang perut Gan tapi juga bisa dijadikan jantung manusia buatan!

Baru-baru ini tim peneliti Amerika serikat menggunakan bayam untuk membuat jaringan jantung buatan. Daun bayam digunakan karena jaringan vaskulernya mirip seperti yang ada pada jantung manusia. Mirip dengan pembuluh darah manusia, jaringan vaskuler pada daun bayam ini memiliki fungsi untuk mentransportasikan cairan dan nutrisi ke seluruh bagian tumbuh. Jadi harapnya sel manusia bisa terbentuk di dalam daun tersebut dan perlahan lahan bisa tumbuh dan dibentuk menjadi organ yang utuh.







Jadi daun bayam ini digunakan para peneliti sebagai kerangkanya Gan. Dalam eksperimen yang dilakukan, tim peneliti menggunakan teknik khusus untuk menghilangkan sel tumbuhan yang ada di daun bayam tersebut dan menggantinya dengan sel hidup jantung manusia. Hasilnya adalah sebuah jaringan yang meniru otot jantung penuh dengan pembuluh darah dan arterinya.




Kalau terbukti efektif, peneliti katanya juga berencana menggunakan teknik ini untuk menumbuhkan lapisan otot jantung yang sehat untuk mengobati pasien-pasien yang menderita serangan jantung. Selain bayam, peneliti-peneliti ini juga melakukan riset pada tumbuhan lain yang juta memiliki potensi Gan. Ya, semoga makin banyak terobosan dari tumbuhan yang bisa dimanfaatkan lainnya deh!


Diubah oleh dianabagus23 27-03-2017 04:18
0
34.2K
141
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan