basahterusAvatar border
TS
basahterus
Birokrasi di Indonesia membaik ?
birokrasi di Indonesia membaik ?
coba ente denger cerita ane :

1. Susah nya nikah resmi di Indonesia untuk pasangan beda kota
Mau nikah resmi dengan surat2 bener keluar lengkap? siapkan kurang lebih 20 jutaan dulu. emoticon-Wkwkwk
loh ente ga percaya ? ok ane ceritakan,.. karna ane mengalami sendiri.
Istri orang sumatra, ane orang bogor. dan berdua sama - sama kerja di Jakarta.
Pertama, lu harus ijin ke kantor pada hari kerja, ( senin - jumat ), jadi intinya kalo penghasilan lo sehari 200rb, siap2 kehilangan duit segitu. Kemudian lu harus ke rumah RT dulu, minta surat rujukan untuk ke kelurahan. ( kalo Pak RT nya ga ada di rumah, ya uda lo besokannya dateng lagi.. ) estimasi kerugian kalo pak RT gak di rumah : ( 200 rb ijin kantor + 50 rb jalan ke bogor ) dikalikan berapa kali lo ke rumah tu RT.
Lalu menurut lo bakalan selesai sehari ? emoticon-Wkwkwk lo salah besar. paling2 dia akan suru lo dateng lagi besokan harinya. atau 2-3 hari kerja.
berarti jumlah uang tadi lo harus tambahkan sekali lagi. Dan kemudian,. lanjutannya lo harus ke kelurahan. Nah sampe ke kelurahan, itu juga urusannya gak segampang balikin telapak tangan,.. surat2 nya harus lo uda siapkan sebelom kemari, seperti surat pengantar RT, lalu fotokopi KTP, lalu surat ijin orang tua, lalu fotokopi KK, dan kalau orang tua lo di luar kota, siap2 harus nunggu berhari2 lagi sampe surat itu nyampe ditangan lu. Nah di kelurahan kalo lo ga nembak, pasti akan memakan waktu berhari-hari lagi,... dan yang jelas harus ijin kantor lagi. rumus gw yang di atas perlu lu kali2kan terus ya.. emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka kayaknya kalo lo uda sampe ke tahap sini, pengeluaran lu sudah mencapai 1-2 jutaan. Nah, di kelurahan misalnya lo ga nembak, pake jalur bener.. ya uda tunggu 1 minggu ampe surat lo kelar.. yap, ijin kerja lagi..

Sudah kelar urusan kelurahan, yang harus lo lakukan selanjutnya adalah ke kecamatan, minta surat rujukan untuk ke catatan sipil yang menerangkan bahwa lo belom pernah menikah. jarak tempuhnya jauh lagi, dan tetep.. GA BAKALAN SELESAI 1 HARI. perhitungan gw kalo lo uda sampe ke tahap ini, lo uda abis sekitar 3 jutaan. Nah,.. itu kalo jaraknya masih asik,.. Jakarta - Bogor.
Sedangkan istri gua!!... dia Jakarta - Sumatra.. kali2an nya lebih mantap lagi,... tiket pesawat nya bro!.. lu bayangin aja tahap2an di atas dengan asumsi tiket pesawat bolak balik dan ijin kerja. emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk nah,.. sampe ke tahap ini,.. perkiraan gw lo berdua uda akan habis sekitar 15 jutaan. Belom lagi kalo ada surat2 yang ketinggalan dsb.

Gw bukan tipe orang yang cuma bisa mengumbar, gw selalu ada solusi buat pemerintah.
Solusi jangka pendek : Mendingan lo kumpul kebo dengan calon bini lo, lalu lapor ke hansip. Minta warga arak2 lo lalu kimpoiin lo di tempat. bayar 25 ribu beres. surat2 diurusin sama warga. kelar ga ribet.
Solusi waras : Itu kantor pemerintah urusan umum ngapa sih gak lo bikin hari kerja nya beda dengan libur orang2 kantor kebanyakan? misalnya mereka kerja dari Sabtu - Rabu. Sehingga akan kena libur di Kamis dan Jumat, sehingga kita orang kerja bisa ketemu mereka di hari Sabtu dan Minggu.. Ini akan sangat efektif daripada lo orang pemerintah bikin hari libur yang sama dengan masyarakat. Ini sangat ga efektif, lo membiarkan kita orang ijin kerja dan menderita kerugian yang sangat banyak. Solusi sederhana tapi sangat bermanfaat dikala lo orang masih ga bisa memutus jaringan tahapan2 tolol yang ga bisa selesai di satu pintu. Seharusnya di Jakarta ibu kota negara bisa melakukan link untuk setiap kantor kecamatan / sipil seluruh Indonesia. Jadi akan jadi solusi banget.. semua orang yang ribet buat pulang ke kampung halaman, bisa ke Jakarta untuk selesaikan semua masalah. ngapa lo ga kepikiran sampe sini ? ada orang pemerintahan bisa jawab?

2. Susahnya bikin E-KTP kecuali di kota Jakarta
Gw juga orang bogor yang tinggal cari nafkah di Jakarta, gw iri banget liat orang2 Jakarta yang mudah banget bikin E-KTP,.. emang tu Ahok jagonya gunting birokrasi2 beginian. gw ga paham kerjanya mentri dalem negri apaan sampe sejauh ini. emoticon-Wkwkwk
Kalo lo orang kayak gw,.. buat bikin E-KTP lo harus ijin kantor berkali2 lagi,.. pertama minta surat rujukan dari RT, kelurahan dan lalu kecamatan. itu aja apalannya. dan setiap tempat ga akan mengijinkan lo kelar 1 hari. sehingga kalo lo pake jalur normal,... paling ga 2 - 3 minggu baru kelar. Gw pernah iseng nelponin orang sipil tentang hal ini,.. apa tau ga jawaban mereka? " suru sodara aja mas.. " emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka iya kalo ada sodara deket,.. kalo ga ada ? berarti LO ORANG PEMERINTAHAN EMANG MENGANJURKAN KAMI UNTUK DIWAKILKAN DALAM MENGURUS SURAT2 INI. yang artinya apa,.. itu artinya gw harus cari orang atau calo untuk mengurus.. emoticon-Mewek

Solusi jangka pendek : udah tembak aja mendingan banyak calo2 E-KTP,.. keluarin duit 500rb - 1 juta biar kelar.
Solusi waras : Bikin kerjaan satu pintu di catatan sipil / kecamatan, kelar.


3. Susahnya bayar denda tilang di jalan raya
Tau ga ngapa gw lebih memilih nyogok tu polisi ? KARNA GW MALAS KE PENGADILAN. UDA NGANTRI, RIBET DAN GA KELAR2, harus ijin kantor lagi,.. dipikir warga2 lo ini pengangguran semua?

Solusi jangka pendek : udah lo cari aja biro jasa nembak beginian banyak di pinggir jalan.
Solusi waras : aduh kenapa ga bikin aplikasi di handphone aja sih buat bayar ginian.. masa lo orang pemerintahan ga ada satupun yang bisa bikin software beginian.. heloooww???? ini tahun 2016 men,... gua merasa birokrasi lu kayak taun 80an. dimana semuanya masih pake sistem surat menyurat.. emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk


4. Sampe surat tanah rumah lo kelar balik nama
Lo abis beli rumah baru, tunggu kelar balik nama? gw rasa mendingan lebih cepet nunggu kiamat daripada surat lo keluar.
uda gw malas bahas soal ini. birokrasi nya sangat2 beratus2 kali lipat lebih parah dari pada point 1, 2 dan 3 gw di atas.

Solusi : ga ada. harus lo tunggu.



Gw sampe sejauh ini belom nyobain untuk bikin surat ijin tempat usaha.. dan gw yakin akan sangat sangat sangat teramat amat ribet lagi. sedangkan Pak Jokowi berkoar2 ayo kerja... ayo kerja... dalem hati gw mikir.. kerja ngapain pak? kerja atau dikerjain? emoticon-Malu

ada agan-agan yang mo nambahin ribetnya ngurusin surat ijin tempat usaha?
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 4 suara
Gimana birokrasi di Indonesia saat ini?
Sangat Baik
0%
Baik
0%
Cukup
0%
Jelek
50%
Sangat Ancur
50%
0
2.3K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan