Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

phiirsyahAvatar border
TS
phiirsyah
Ke Mana Sih Perginya Foto-foto yang Kita Hapus?


Ke mana sih perginya foto-foto yang kita hapus?

Faktanya, semua data-data yang kita hapus tinggal di dalam hard drive selamanya. S e l a m a n y a.

Pertanyaan di atas terus bikin ane kepikiran dan akhirnya browsing di internet dan menemukan beberapa fakta tentang foto-foto dan dokumen lain yang kita hapus dari perangkat komputer atau smartphone. Ternyata, foto-foto atau file yang kita kita hapus nggak hilang seperti kelihatannya, mereka tetap tinggal di dalam harddisk atau memori tempat kita menyimpan foto itu sebelumnya.

Data-data yang kita hapus umumnya masih tinggal di dalam sector yang terdapat pada harddisk, ia menyamar menjadi semacam kode-kode lalu ‘bersembunyi’ pada suatu bagian di dalam sector tersebut. Itulah kenapa muncul berbagai software yang mampu mengembalikan file yang sudah terhapus secara permanen karena data-data tersebut sebenarnya tidak benar-benar terhapus.

Data-data yang sudah dihapus tersebut menjelma menjadi blok-blok yang siap untuk dibangkitkan kembali. Tapi jangan terlalu banyak berharap juga, Gan. Tidak semua data-data yang dihapus secara permanen dapat kembali semua dalam keadaan utuh. Semua tegantung dari lamanya file tersebut sudah dihapus, semakin lama maka kemungkinan kembalinya dalam keadaan utuh juga semakin kecil. Kebanyakan akan rusak atau corrupt.

Sebagai contoh kenapa tidak semua data yang terhapus itu bisa dikembalikan utuh, anggaplah dalam sebuah ruangan agan menumpuk kardus. Semakin lama semakin tinggi dan kardus paling bawah menjadi bonyok dan rusak. Begitu juga halnya dengan data-data di harddisk agan, semakin banyak tertimpa oleh data-data yang baru maka akan bernasib sama seperti kardus-kardus tadi.

Sebelum mengakhiri trit ini, ane mau berpesan bahwa gak usah terlalu panik jika data-data penting agan terhapus tanpa sengaja karena masih bisa dikembalikan jika penanganannya tepat dan cepat. Tapi jangan juga terlalu senang kalau agan pikir sudah menghapus file penting yang menurut agan gak boleh dilihat siapa pun karena walaupun perangkat komputer atau smartphone agan sudah rusak, orang yang berniat jahat masih bisa memanfaatkannya. Jadi, bijaklah menggunakan perangkat yang agan gunakan.

Sumber:
http://fairnando87.blogspot.co.id/20...mbah-ilmu.html
https://id.answers.yahoo.com/questio...6191651AABMBkQ
0
7.5K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan