Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

acabindonesiaAvatar border
TS
acabindonesia
Hoax Or Not: Menggoyang Mobil Saat Isi Bensin Agar Aliran Lancar
Hoax Or Not



Jakarta -

Isu

Belakangan ini, kembali beredar video yang cukup menarik perhatian. Isinya, tentang seorang pria yang menggoyang-goyangkan mobilnya dengan tujuan agar aliran bensin lancar saat isi bahan bakar.

Video itu sebetulnya video lama yang kembali menjadi viral. Durasinya hanya 1 menit 10 detik, namun sudah ditonton jutaan orang. Isinya tentang seorang pria yang menggoyang goyang mobil B 1953 UZI saat isi bahan bakar.



Yang menarik, hampir sepanjang proses isi bensin, dia terus-terusan menggoyang mobil. Posisi berdiri dan caranya menggoyang juga cukup mengundang tanya sebagian orang.

Akhirnya, diskusi pun bermunculan. Apakah teknik menggoyang mobil saat bahan bakar masih relevan dilakukan? Apa tujuannya?

Investigasi

Video tersebut, sudah muncul sejak tahun 2015 dan jadi bahan perbincangan masyarakat. Belum jelas di mana lokasi persisnya, namun diduga kuat berada di Jakarta.

Terlepas dari video, detikcom meminta pendapat ahli soal perlu tidaknya mengguncang mobil saat mengisi bensin.
Iwan Abdurahman dari Technical Service Division PT Toyota-Astra Motor menerangkan, mobil digoyang saat isi bensin pada awalnya karena menginginkan agar udara yang terjebak di tangki keluar. Sehingga tangki terisi bensin dengan maksimal. Namun, itu sangat tergantung dari konstruksi tangki mobil tersebut.

Sebagian mobil memang ada yang memiliki sekat, terutama yang tangkinya pendek dan lebar. Ada yang menggoyangnya agar bensin tersedot oleh pompa bensin. Namun, itu tidak banyak.

Menurutnya, untuk mobil-mobil produksi saat ini, desain tangkinya sudah bagus sehingga meminimalkan udara terjebak. Karena itu, dia menilai tidak perlu menggoyang mobil saat isi bensin.

"Jadi, rasanya untuk mobil sekarang, kayanya nggak perlu goyang goyang tangki," pesannya.

Kepala Bengkel Auto2000 Fajar Bustomi juga mengatakan hal senada. Menurutnya, ada mobil yang digoyang karena sebagian tangki diberi sekat. Namun menurutnya, air akan menemukan jalannya sendiri karena benda cair, sehingga tak perlu digoyang.


Kesimpulan

Dengan demikian, teori yang menyebut mobil harus digoyang saat isi bensin adalah hoax.



sumur: http://news.detik.com/berita/3229475...-aliran-lancar
0
4.1K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan