Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

arwinkimAvatar border
TS
arwinkim
10 Mitos Unik Orang Bugis
Mitos merupakan kepercayaan dalam masyarakat yang diwariskan secara turun temurun. Mitos bisa lahir karna adanya keyakinan tertentu dan juga karna ada alasan tertentu pula dibaliknya. Nah, di kampung ane sendiri di tanah Bugis ada banyak mitos. Cekibrot! Sapa tau ada yang sama dengan mitos di kampung agan.

1. Minum berdiri bisa bikin barang agan panjang
Entah bener atau engga yang jelas ini mitos udah lama ane denger sejak masih SD. Nah, kalo ada laki2 kedapatan minum air sambil berdiri jangan heran kalo ada yang negur terus bilang 'burung lo bakal jadi panjang!' tanpa risih sama sekali. Jadi ane saranin kalo agan mau manjangin barang agan gak usah ke Mak Erot, eh Mak Erot udah meninggal ya.. hehe... Agan minum berdiri aja emoticon-Ngakak. Menurut ane mitos ini muncul mungkin kalo kita minum berdiri tidak sopan dilihat dan memang begitu adat orang bugis. Makan dan minum harus duduk biar lebih menghargai makanan apalagi dalam Islam juga sangat dianjurkan demikian. Dunia kedokteran juga udah buktikan kalo minum berdiri bisa merusak organ pencernaan.

2. Duduk di atas bantal bisa bisulan
Dulu kalo ane nonton tipi atau duduk2 ngerjain sesuatu kadang ane suka duduk di atas bantal karena selain rasanya nyaman, pantat juga gak sakit melantai. Kalo emak ane liat ane kayak gitu emak ane langsung bilang 'jangan duduk di atas bantal nanti lo bisulan!'. Aneh juga kan gan, masa duduk di atas bantal bisa bisulan kalo ada kutu pembawa virus di bantal itu iya! Ane rasa mitos ini muncul karna kalo bantal diduduki bisa meletus terus kapasnya berhamburan. Ibu2 jadi susah perbaikinya jadi dibikin deh mitos kayak gitu emoticon-Ngakak.

3. Bakal ada yang bertamu kalo ada kupu2 tersesat di dalam rumah
Kupu2 apapun jenisnya (kecuali kupu2 malam ya gan emoticon-Ngakak) artinya bakal ada orang yang bertamu di rumah kita. Di rumah ane dulu kalo nyokap liat kupu2 di dalam rumah dia yakin bakal ada tamu yang datang. Lucunya dulu ada memang tamu yang datang tapi tamunya lebih dulu datang dari pada kupu2nya.emoticon-Ngakak

4. Tangan2 tiba2 bersentuhan waktu makan
Pernah tidak agan tiba2 bersentuhan tangan kalo lagi makan sama keluarga misalnya bersamaan ambil lauk? Nah kalo di kampung ane gan, itu artinya bakal ada tamu lagi. Tapi kalo bersentuhan dengan orang yang bukan anggota keluarga bisa artinya jodoh. Waduh, kalo bersentuhan dengan nene2 gimana ya gan emoticon-Ngakak

5. Makan nasi hangus atau pinggiran nasi bakal dapat istri cantik
Siape sih yang gak mau cantik? emoticon-Malu Nah, gara2 mitos ini gan ane yang paling suka makan hangus nasi atau pinggiran nasi tapi sampai sekarang ane belum nikah dan dapat istri cantik. Mudah2an ya gan. Ane rasa orang tua dulu sengaja bikin mitos ini supaya nasinya habis pas dihidangkan gak ada yang disisain karna mubazir.

6. Barang2 di rumah bakal rapuh kalo tamu gak dijamu sama empunya rumah
Kalo ada orang bertamu di rumah tapi bukan empunya rumah yang menjamu orang di kampung percaya kalo barang2 di rumah itu bakal rapuh misalnya porselen sama kaca. Ane gak tau kenapa mitos ini muncul, mungkin waktu dulu ada orang yang bertamu terus mecahin gelas2 gak jelas emoticon-Ngakak

7. Kalo sakit perut simpan batu di kantong
Ane yakin kalo mitos ini pasti sama di kampung agan juga atau mungkin udah jadi mitos nasional karna ane pernah nonton FTV dulu pemerannya sakit perut terus cari batu buat di simpan di kantong. Menurut kenapa ya mitos kayak begitu muncul?emoticon-Hammer2

8. Leher belakang keliatan terbelah dua artinya orangnya pelit
Ini mitos paling kocak waktu ane SD gan. Sialnya orang yang selalu kena mitos ini selalu tertuju sama orang kurus karena lehernya di bagian belakang selalu keliatan tebelah dua karena ototnya keliatan jelas banget, gak ketutup sama lemak atau daging. Di kelas ane dulu kalo ada anak yang begitu, anak2 yang lain gak bakal minta sesuatu sama dia karna yakin gak bakal dikasi emoticon-Ngakak.

9. Kalo ada orang yang meninggal, orang2 yang mengantar jenazahnya harus menghangatkan diri dekat api
Kalo ini emang mistis gan emoticon-Takut. Tapi kebanyakan yang lakuin ini cuma anak mudanya. Kalo sudah selesai ngantar mayat biasanya anak2 muda ngumpulin apa2 bisa dibakar misalnya daun kering sama kayu kering terus di bakar depan rumah. Mereka terus menghangatkan diri dekat api itu. Baju yang dipakai tadi juga harus dideketin sama tu api. Kalo sudah pulang ke rumah pakaian yang dipakai buat ngantar jenazah ke liang lahat itu harus dicuci seketika.

10. Cewe berbulu lebat nafsunya gede
Sumpah, gara2 ini mitos ane jadi suka deketin cewe yang berbulu lebat. emoticon-Ngakak Lucunya lagi ini dijadikan salah satu soal waktu ane mau masuk organisasi kesehatan di kampus ane. Ane cuma jawab itu cuma mitos dan sama skali gak ada hubungannya dengan nafsu.

Sekian mitos2 dari kampung ane gan, kalo agan mau share mitos silahkan gan. Ane taro di pejwan jangan lupa ya di rate sama yang ijo2 emoticon-Blue Guy Cendol (L).
0
22.1K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan