Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

RevantineAvatar border
TS
Revantine
Kecewa Dengan Moderasi Tokopedia Yang Terkesan Tidak Fair.
Update hari ini 2/3/2016
Moderasi toko saya sudah di buka. Saya berterima kasih banyak terhadap pihak Tokopedia atas kebijakanya tidak menghapus produk saya dan reviewnya.
Mungkin bisa jadi pelajaran untuk saya kedepannya agar melampirkan barang fisik ke pembeli walaupun barang tersebut bersifat digital.
Terima kasih banyak tokopedia emoticon-Smilie




Selamat malam, baru pertama kali saya buka SP di kaskus, saya akan coba jelaskan sejelas - jelasnya.
Kemarin malam (29/02/2016) ketika saya ingin melakukan promosi barang melalui aplikasi Tokopedia di iOS tiba - tiba muncul tulisan bahwa Toko saya sedang di Moderasi.
Spoiler for Toko di moderasi:

Saya bingung, karena saya merasa tidak melakukan transaksi yang aneh - aneh, sebagai informasi saya penjual lisensi digital antivirus di Tokopedia.
Kemudian besok paginya (01/03/2016) saya cek melalui desktop, muncul alasan mengapa toko saya dimoderasi, yaitu dilarang menjual barang non-fisik.kemudian saya diarahkan ke link berikut https://www.SENSOR/bantuan/cara-jualan/buka-toko
Saya coba cari peraturan mengenai barang non fisik, tapi tidak saya temukan. Disana hanya tertulis tata cara menjual barang di tokopedia.
Berikut lampiran screenshot
Spoiler for Link dari Moderator:


Kemudian saya lanjut cari peraturan mengenai barang yang di larang di Tokopedia, dengan asumsi bahwa saya kira moderator salah memberikan saya link mengenai peraturan tersebut. Saya mencari peraturan tersebut di Terms and Condition Tokopedia mengenai jenis barang, namun juga tidak menemukan bahwa dilarang untuk menjual produk non fisik
referensi : Jenis barang yang dilarang Tokopedia
berikut lampiran screenshot pada halaman tersebut
Spoiler for Jenis barang yang di larang 1:

Spoiler for Jenis barang yang di larang 2:


Disini yang ingin saya tekankan, dibagian mana dilarang untuk menjual barang non fisik?
Okelah kalau saya dianggap salah dan melanggar peraturan tokopedia karena menjual barang non fisik tapi bila dilihat di tokopedia sendiri banyak seller lain yang juga menjual barang non-fisik dan tidak terkena teguran / moderasi oleh pihak tokopedia.
Sebagai contoh :
Spoiler for Penjual barang non fisik:

Spoiler for Penjual barang non fisik:

Spoiler for Penjual barang non fisik:

dan masih banyak yang lainnya.

Akhir kata, saya berharap Tokopedia bisa membantu saya menyelesaikan masalah ini, karena Tokopedia merupakan salah satu platform yang paling ramai dikunjungi oleh customer saya sejauh ini. Besar harapan saya tokopedia bisa melepaskan toko saya dari status moderasi. Kalaupun memang saya diharuskan mengirimkan barang fisik, saya bersedia mengirimkan orderan selanjutnya dalam bentuk CD-Installer. Namun dengan segala pertimbangan mohon pihak Tokopedia tidak menghapus produk saya karena Review dan Ulasan dari customer saya pada produk tersebut merupakan nilai plus untuk toko saya sehingga bisa bersaing dengan penjual lainnya.
Mohon maaf apabila ada salah kata dan tindakan,
saya harap ada tanggapan dari pihak tokopedia terkait hal ini.
terima kasih.
Diubah oleh Revantine 02-03-2016 02:25
1
46.1K
25
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan