Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

archzerAvatar border
TS
archzer
TIPS JITU MENGHAFAL CEPAT
Menghafal adalah musuh bebuyutan bagi setiap siswa. Padahal menghafal tidak terlalu penting bagi kehidupan di masa depan, gak mungkinkan, pas interview kerja di tanyai, “Apa bunyi hukum kepler I ? kalau tidak bisa saya pecat (kerja aja belum)”.

Ketika guru tiba tiba masuk kelas, duduk dengan kaki dibawah tangan di atas, dan mulai berkata “anak anak segera hafalkan UUD 1945 dan minggu depan maju satu satu” jleeeeb inilah nightmare setiap siswa, mau tidak mau agan harus melaksanakan tugas ini, kalau gak maju agan akan terus diincar guru tersebut layaknya singa memburu ayam… Tenang jangan panik, jangan gegabah, jangan parkir sembarangan, tarik nafas dalam dalam, semakin dalam semakin sakit, karena gue disini dengan senang hati akan memberkan tips menghadapi tes menakutkan tersebut :

Syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :

•Pertama adalah niat, niat merupakan awal segalanya jangan pernah sesekali agan berkata “ah banyak banget sulit nih ngehafalinnya” karena perkataan ini akan membuat otak kita merespon dan akhirnya membuat agan kesulitan dalam menghafal. Tapi ucapkan lah kata kata penyemangat diri “aku bisa”, “iam strong”, atau mantra mantra aneh lainnya, yang penting itu membuatmu semangat.

•Kemudian faktor kedua yang terpenting adalah kenyamanan, buat lah dirimu senyaman mungkin, misal agan nyaman nya hafalan sambil dengerin lagu, atau hafalan sambil tiduran, atau hafalan sambil BAB di WC, bisa juga hafalan sambil tiduran di WC ditambah dengerin lagu (kalau ini jangan, jangan jadi yang kedua setelah gue, baunya baru ilang seminggu kemudian). Kalau gue pribadi paling seneng ya sambil dengerin lagu, dengan lagu lah otak kita akan merespon semangat kita, tapi inget lagunya jangan yang sedih, ntar jadi lemper.

Setelah persyaratan di atas di penuhi berikut metode yang bisa dipilih :

•Metode pertama adalah buatlah singkatan singkatan konyol, makin lucu singkatannya makin mudah agan hafalin, misal gua waktu hafalin rumus Massa = Massa Jenis / Volume gue singkat MaMaJeVol, kemudian pas hafalin rumus energy kinetik gue singkat ½ ManTan ganda (1/2 x MAssa x KecepaTAN benda^2) Walaupun aneh tapi metode ini benar benar manjur karena gue udah pake pas UN maupun pas ulangan. Metode ini akan mempersingkat waktu hafalan agan. Di metode ini berlaku teori semakin konyol atau lucu singkatanya makin mudah agan hafalkan.

•Metode kedua, metode ini agan pakai pas agan dapat tugas hafalan yang panjangnya kaya tol cipali, misal : hafalan hadis dan artinya, hafalan teori, pengertian, dan tetek bengek lainnya. Metodenya adalah metode rekaman, ya benar agan gak salah denger REKAMAN, di sini yang agan perlukan hanyalah HP yang ada recordernya (pastikan audionya jernih), setelah disiapkan segera lantunkan kata kata yang akan agan hafalin, suara yang keluar harus jelas, bagus, enak didenger, dan sedap di pandang (eh). Hal yang paling penting disini adalah agan harus mencoba mencintai suara agan sendiri (walaupun terpaksa sih), dan juga pastikan yang ada direkaman tadi tepat sama yang mau agan hafalin. Jika di banding metode pertama, di metode kedua ini hafalan akan mudah hilang.

Tulisan di atas adalah murni pengalaman gue sebagai pelajar, jika agan punya metode tersendiri dan menurut agan baik terus tingkatkan.
0
2.7K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan