Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaos88Avatar border
TS
kaos88
Perbedaan Antara Pengusaha Dan Entrepreneur ??
PENGUSAHA VERSUS ENTREPRENEUR ??


Mungkin ini cuma perbedaan nama, antara entrepreneur dan pengusaha. Tapi, ada beberapa orang yang membedakan artinya, namun mayoritas menyamakan, katanya sama saja entrepreneur ya pengusaha, begitupula sebaliknya. Shakespeare pernah melontarkan,"What’s in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet.”,"Apalah arti sebuah nama? bla.. bla.. bla..", mungkin ini berlaku pula dalam pembahasan: apakah hanya perbedaan nama antara entrepreneur dan pengusaha? Penting nggak sih mengetahui perbedaannya?

Ini Dia Jawabannya ????

Setiap orang umunya menganggap pengusaha dan entreprenenur itu sama. Mereka bingung untuk membedakan satu dengan lainnya. Sekilas memang perbedaan itu tidak penting. Saat coba untuk berbagi mengenai makna di balik arti dari Pengusaha dan Entrepreneur.

Dari sisi pengertian keduanya adalah sama, dimana seseorang yang berusaha untuk menignkatkan nilai guna suatu barang, berinovasi, membuat ataupun menjual bisa dikategorikan sebagai Pengusaha ataupun Entrepreneur. Pengertian ini lazim kita dengar setiap hari. Terkadang sebagian dari kita berpendapat adalah pengusaha merupakan orang yang memeiliki perusahaan besar dengan penghasilan berlimpah. Sedangkan Entrepreneur adalah orang yang memiliki usaha kecil, kreatif atau bisa dikatergorikan menengah. Ternyata pengertian kedua ini adalah salah.

Entrepreneur memikirkan bagaimana cara menjual yang aneh dan lebih kreatif , seperti :






Disinilah letak pengusaha berada :




Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan dari kedua makna Pengusaha dan Entrepreneur, berikut kutipan dari salah satu pengejar School of Business Management Intitut Teknologi Bandung (SBM ITB). Beliau lebih di kenal dengan nama Dwi Larso, Phd (Pak DL). Dalam pengertiannya, Pengusaha adalah orang yang memiliki bisnis baik skala besar maupun kecil tetapi tidak semua pengusaha tersebut memiliki jiwa Entrepreneur. Sendangkan seorang Entrepreneur sudah pasti berjiwa pengusaha. Karena pengertian Entrepreneur adalah orang yang bisa memanfaatkan peluang dari setiap bisnisnya ataupun orang yang secara terpaksa terjun ke dalam suatu bisnis. Dengan kata lain, apabila kita memiliki jiwa Entrepreneur sudah pasti usaha yang nanti akan kita jalani bisa berjalan dengan panjang dan terus bertahan.

Entrepreneur seperti yang disebutkan sebelumnya memiliki cirri terpaksa dan pandai melihat peluang. Terpaksa berarti orang tersebut menjalankan suatu bisnis karena tidak ada pilihat pekerjaan lain. Mereka umunya yang telah berputus asa dengan keterpaksaan. Oelah karena itu mereka berusaha mencukupi hidup dengan berbisnis. Sedangkan Peluang berarti seorang yang akan berbisnis karena melihat adanya kebutuhan/peluang dari usaha yang dijalankan. Jadi mereka bukan orang-orang yang berputus asa memilih bisnis sebagai usaha terakhir dalam hidupnya.

Dapat disimpulkan bahwa untuk berbisnis maka dibutuhkan jiwa Entrepreneur, karena jiwa pengusaha saja tidak cukup. Pantang menyerah dan mampu bangkit dari keterpurukan adalah bagian dari kekuatan seorang Entrepreneur untuk bisa bersaing dan terus membuat bisnisnya merajai pasar yang ada.

Pada akhirnya . Saya jadi mampu mengukur diri "Siapakah saya?", "Sudah sampai mana?", it's about your positioning and process.. So, ternyata banyak idepun juga nggak baik jika tidak memiliki kemampuan sebagai pengusaha, apalagi nggak punya ide hehe.

Pada intinya sebagai pengusaha harus memiliki modal yang cukup dan entreprenur memiliki ide yang cukup cemerlang. Alangkan baiknya jika Pengusaha memiliki jiwa entrepreneur. So lucky You Are.

Keep Moving On guys, Apalah arti sebuah nama ..

Minta cendolnya jangan lupa gan.
emoticon-Toast
emoticon-Kiss
emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Toast
Diubah oleh kaos88 21-04-2013 17:16
0
20.8K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan