10 Hal yang biasanya dihadapi karyawan baru dalam sebuah perusahaan
TS
fenhir
10 Hal yang biasanya dihadapi karyawan baru dalam sebuah perusahaan
10 Hal yang biasanya dihadapi karyawan baru
Spoiler for 1. BELAJAR HAL BARU:
1. Belajar Hal Baru
Ketika kita berada di wilayah baru, pasti kita memperhatikan budaya di sekeliling kita, kita harus beradaptasi menyesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar. Kita harus berusaha mengikuti ritme kerja rekan sekantor dalam divisi kita, dalam hal waktu, budaya sampai persoalan teknis, nah nanti pola kerja kita akan terstruktur dan terbentuk seiring berjalannya waktu.
Spoiler for 2. SELALU SIAP MENERIMA PEKERJAAN:
2. Selalu siap menerima pekerjaan
Biasanya karyawan baru dalam suatu perusahaan sangatlah sigap dalam menerima berbagai macam pekerjaan, karena semua hal itu merupakan tantangan baru, apalagi masih fresh graduate.
Spoiler for 3. SIAP DIBULLY OLEH SENIOR NORAK:
3. Siap dibully oleh senior norak
Senioritas adalah hal yang lumrah dalam tiap tempat tapi bukan dalam hal pekerjaan! Banyak para senior yang biasanya suka cari muka, sirik dengan hadirnya karyawan baru. Apabila kita adalah karyawan yang berprestasi, maka bersiaplah berhadapan dengan para orang angkuh ini. Namun tenang saja, cukup dengan berprestasi dan menghiraukannya maka semua itu akan hilang dengan sendirinya. Ingat pribahasa, “padi semakin berisi dan tumbuh maka ia semakin merendah”. Dimaksudkan agar kita menjadi pribadi yang rendah hati dan bijaksana dalam mengambil keputusan. Jangan pernah takut akan apapun selama kita berada dalam jalur profesional.
Spoiler for 4. MENCARI TEMAN YANG SATU IDEALISME ATAU PRINSIP:
4. Mencari teman yang satu idealisme atau prinsip
Selain pekerjaan yang menyenangkan, faktor pertemanan adalah elemen yang paling penting di dalam dunia kantor, apabila kita punya teman yang menyenangkan dan kompak, itu juga merupakan faktor penunjang kita untuk siap struggle menjalani rutinitas di kantor.
Spoiler for 5 MENEMUKAN POLA YANG PAS DALAM MENYELESAIKAN BERAGAM PEKERJAAN:
5. Menemukan pola yang pas dalam menyelesaikan beragam pekerjaan
Seiring dengan berjalannya waktu, kita akan menemukan pola yang pas untuk kita dalam mengatur jumlah pekerjaan yang kita tangani, dengan tau ritme yang pas maka pekerjaan akan tampak seperti permainan saja atau bahkan hoby.
Spoiler for 6. MEMBUAT STRATEGI:
6. Membuat strategi
Karyawan yang cerdas adalah karyawan yang bisa mensiasati strategi perjuangannya di kantor. Dalam tenggang waktu beberapa tahun pekerjaan ia harus bisa naik ke level selanjutnya. Jabatan memang bukan suatu hal yang harus diraih secara ambisius, ia akan datang sendiri ketika kita memang dinilai berprestasi. Namun semua itu juga butuh strategi, karena sejatinya kita tidak harus berhenti dalam titik nyaman, karena perjuangan untuk hidup lebih baik butuh usaha dan kerja keras.
Spoiler for 7. BELAJAR BERORGANISASI:
7. Belajar berorganisasi
Belajar berorganisasi tentunya bukan hanya di masa-masa sekolah/kuliah tetapi dimanapun kita bermasyarakat berorganiasi itu penting untuk proses menuju pribadi yang aktual. Berorganisasi di kantor adalah bagaimana memainkan peran kira dalam suatu divisi, melatih kekompakan sesama rekan kerja, belajar untuk mengenal karakter pekerjaan juga seluruh proses kerja.
Spoiler for 8. MENATA MEJA KERJA:
8. Menata Meja Kerja
Menata meja kerja adalah sebuah bentuk kreatifitas, selain dapat membuat nyaman, menata meja kerja juga bisa mencerminkan pola kepribadian kita di kantor. Menata meja kerja sama halnya dengan menata cara kita berpenampilan di depan orang banyak.
Spoiler for 9. BERUSAHA MEMBERIKAN PERFORMA KERJA DENGAN SEBAIK MUNGKIN:
9. Berusaha Memberikan Performa Kerja Dengan Sebaik Mungkin
Namanya karyawan baru pastilah ingin diakui pekerjaannya bisa setara dengan pegawai yang lainnya atau bahkan bisa lebih berprestasi. Kita dituntut optimal dalam bekerja memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Jika track record selama bekerja baik, pasti respon yang kita terima dari lingkungan akan baik juga, berusahalan berpikir positif dalam menerima segala pekerjaan.
Spoiler for 10. MENJADI PROFESIONAL:
10. Menjadi Profesional
Pekerjaan bisa jadi sama seperti kita bermain sebuah permainan dalam konsol, karena tiap pekerjaan mempunyai jenjang. Setiap pekerjaan yang kita selesaikan menambah pengalaman kita, membuat jam terbang kita semakin tinggi. Profesionalitas dilatih seiring jam terbang kerja. Berusaha mengikuti aturan yang berlaku dan subjektif dalam menerima segala tantangan akan membuat kita terus naik ke jenjang yang lebih tinggi dalam sebuah pekerjaan. Bagian terpenting dalam sebuah pekerjaan adalah bukan hanya pekerjaan itu sendiri namun adalah proses kita dalam bekerja, dalam beberapa tahun kita bisa evaluasi hasil kerja kita sendiri. Menjadi professional akan membentuk kepribadian yang baik di lingkungan kantor.
Segala hal diatas adalah pengalaman penulis sendiri dalam melakukan survei di lingkungan kerja. Segala hal yang ditulis semoga memberikan manfaat bagi para kaskuser, penulis mengharapkan cendol agar bisa terus menjadi baik reputasi kedepannya dalam menulis artikel di Kaskus.
Komen terbaik akan ikut ditampilkan di post bawah
Jangan lupa di rate yak!
Diubah oleh fenhir 27-06-2015 17:30
0
3.3K
Kutip
30
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru