Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

keripiknateroAvatar border
TS
keripiknatero
5 Cara Atasi Kembung Saat Makan Terlalu Banyak

Saat lebaran datang, akan ada banyak makanan enak yang tersaji dan dihidangkan untuk keluarga. Setelah sebulan penuh puasa, Anda pasti ingin merayakannya dengan menikmati semua makanan yang ada.

Namun makan makanan banyak sekaligus bisa jadi masalah untuk perut. Karena sudah terbiasa tidak makan banyak saat puasa, perut jadi tidak terbiasa makan makanan lebih dari porsi biasanya. Apalagi kebanyakan makanan saat lebaran adalah makanan berlemak, bersantan, asin dan pedas. Makanan-makanan seperti ini bisa memicu perut kembung.

Untuk mengatasi atau mencegah terjadinya kembung saat lebaran nanti, berikut ini tips yang bisa dilakukan, seperti dikutip dari health.com.


1. Perbanyak makanan kaya potasium/kalium

Semakin banyak makanan asin yang Anda konsumsi, maka semakin besar kemungkinan Anda mengalami perut kembung. Buah-buahan kaya potasium seperti pisang, melon, semangka, jeruk dan tomat akan mengatasi kembung.

2. Olahraga/aktivitas fisik

Beraktivitas lebih banyak akan membuat perut lebih baik untuk mengeluarkan gas yang terjebak di dalam perut.

3. Minum air 8 gelas per hari

Air putih akan membuang sampah dan sisa makanan di dalam perut agar tidak menimbulkan gas di dalam perut. Hindari minum kopi karena bisa membuat kembung.

4. Minum jahe hangat

Seduh 3 ruas jari jahe yang sudah digeprak dengan air hangat dan sedikit gula. Minum air hangat akan mempermudah udara keluar.

5. Makan labu kukus

Saat kembung, menandakan Anda kurang makan makanan berserat. Makan labu bisa meringankan penderitaan perut kembung. Membuat Anda lebih cepat bisa mengeluarkan gas di dalam perut.

Nah, tidak mau terjebak dengan perut kembung saat lebaran nanti bukan? Yuk perhatikan asupan makanan dan makan dengan porsi yang cukup ya.

Spoiler for SUMBER:
0
1.5K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan