Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

blacu23Avatar border
TS
blacu23
Jalanan Penuh Uang Di Usaha Sewa Motor


Spoiler for :


Sepeda motor adalah benda yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Sebagai salah satu alat transportasi pribadi, sepeda motor terasa sangat vital fungsinya. Saat sarana transportasi umum belum memadai, jarak tempuh yang jauh dan berbagai kendala lainnya menyebabkan sepeda motor menjadi sarana yang sangat dibutuhkan. Artinya, semua orang pasti membutuhkan alat transportasi ini. Tapi tidak semua orang memiliki motor. Bagi wirausahawan sejati, usaha sewa motor adalah sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Tapi mungkinkah memiliki usaha dengan memanfaatkan kendaraan bermotor ini tidak perlu punya modal besar? Bagaimana peluang usaha ini bisa menghasilkan laba yang menjanjikan?

Bayangkan saja, seandainya 50 juta orang Indonesia membutuhkan sepeda motor, sedangkan produksi motor per tahun hanya di kisaran angka 5 juta, maka dibutuhkan waktu 10 tahun untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Itu baru 25% dari total penduduk Indonesia, bagaimana jika kita menghitung 50%, atau 75%?. Ternyata besar sekali kebutuhan sepeda motor sebagai alat transportasi bagi masyarakat Indonesia. Tapi perlu diingat juga kemampuan beli masyarakat. Tidak semua masyarakat Indonesia mampu membeli sepeda motor, dan tidak semuanya mau membeli. Tetapi ketidakmampuan dan ketidakmauan ini tetap membuat masyarakat tak bisa melupakan pentingnya sepeda motor untuk sarana transportasi berbagai keperluan. Karena itulah peluang usaha sewa motor merupakan jawaban atas permasalahan tersebut.

Peluang usaha sewa motor dapat dijalankan dengan modal yang tidak terlalu banyak. Seorang wirausahawan rental motor mengaku hanya membutuhkan modal sepuluh juta untuk membuka usaha ini. Lima juta digunakan sebagai uang muka beberapa motor yang ia beli. Lima juta sisanya ia gunakan untuk membangun kantor. Modal yang tidak besar untuk wirausahawan baru, kan? Untuk mengembalikan modal sebanyak itu, pemilik usaha rental motor tidak membutuhkan waktu lama. Sebab permintaan pasar terhadap jenis usaha ini sangat besar. Prospek cerah bisnis ini menjadikan usaha rental motor terus berkembang. Tapi sayangnya, sangat sedikit calon wirausahawan yang berani mengambil peluang dan memanfaatkan prospek cerah usaha ini.

Bagaimana dengan keamanan motor yang disewakan? Ya betul, kendala utama usaha rental motor memang beresiko tinggi. Tapi sekali lagi, seorang wirausahawan membutuhkan kejelian untuk menjalankan bisnisnya. Menanamkan GPS di motor adalah jawaban dari kerisauan kehilangan motor. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, melacak keberadaan motor terasa lebih mudah. Selain itu, syarat-syarat yang ketat bagi konsumen saat menyewa motor juga diperlukan. Misalnya, ketika seorang calon konsumen menyewa motor, diperlukan syarat jaminan tanda pengenal diri dan surat-surat berharga. Atau bisa juga diminta memberi deposit uang senilai lebih dari satu juta. Pencegahan mutlak menjadi syarat utama ketika seorang wirausahawan menjalankan peluang usaha rental motor.

Bagaimana dengan keuntungan yang dimiliki? Dengan harga sewa motor rata-rata enam puluh ribu rupiah per hari, dan setiap hari terdapat dua sampai tiga konsumen, maka bisa dibayangkan berapa uang masuk per harinya. Apalagi jika mengamati kecenderungan banyaknya omzet di hari libur, maka omzet sewa pasti naik. Otomatis, hal ini akan mendongkrak kenaikan laba wirausaha rental motor.

sumber
0
2.2K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan