Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Tokeh2010Avatar border
TS
Tokeh2010
[WADUUUUH !] ISI OBAT BIUS TERTUKAR, 2 Pasien Meninggal Usai Disuntik


Dua pasien di Rumah Sakit Siloam Karawaci, Tangerang meninggal setelah disuntik obat anestesi Buvanest Spinal yang kini sudah ditarik. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menduga terjadi kesalahan tertukar dari isi kemasan obat tersebut. "Sementara ini diduga obat anestesi yang dipakai tertukar isinya," kata Tengku Bahdar Johan Hamid, MPharm, Apt, Bidang Pengawasan Produk Terapetik dan NAPZA BPOM. Obat prokusi PT Kalbe Farma ini diduga bukan berisi bupivacaine melainkan asam traneksamat yang digunakan untuk mengurangi pendarahan.

Sementara itu, Kepala Hubungan Masyarakat RS Siloam Heppi Nurfianto mengatakan, "Ini kebetulan saja etiketnya atau bungkusannya itu yang tertukar. Jadi, sangat menyedihkan ini terjadi," ujarnya. Heppi menjelaskan, kasus ini terjadi terhadap pasien melakukan operasi caesar dan urologi. Kedua pasien itu meninggal dalam waktu berdekatan, yakni pada 12 Februari lalu.

Sementara pasien lainnya tidak mengalami masalah. "Pasien kontradiksi, gatal-gatal, sampai kejang, kemudian meninggal. Pasien obgyn, bayinya selamat," kata Heppi. Kondisi pasien itu juga dijelaskan oleh staf medis RS Siloam Karawaci dr Mangantar Marpau. "Kami memberi obat Buvanest kepada dua pasien berbeda itu, yaitu pasien urologi dan pasien melahirkan," ungkapnya. Saat itu petugas sempat panik setelah pasien yang diberikan obat injeksi malah kejang-kejang.

"Begitu ada indikasi tidak benar pada pasien, hari itu juga kami langsung melapor ke pihak Kalbe. Namun sayangnya, keesokan harinya (12/2) pasien sudah meninggal," terang dia. Terkait kejadian ini, pihak Kalbe Farma pada 12 Februari 2015 langsung menarik 2 produk obatnya yakni seluruh batch Buvanest Spinal 0,5 persen Heavy 4 ml dan Asam Tranexamat Generik 500 mg/Amp 5 ml dengan nomor batch 629668 dan 630025. Dalam laporannya kepada Otoritas Jasa Keuangan, Kalbe menyampaikan bahwa penarikan itu dilakukan secara sukarela sebagai bentuk pertanggung jawaban atas segala produk dan layanannya. Demikian dilansir dari berbagai sumber.


http://www.infospesial.net/44770/isi-obat-bius-tertukar-2-pasien-meninggal-usai-disuntik/
Diubah oleh Tokeh2010 17-02-2015 11:16
0
2.9K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan