Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hirazakiAvatar border
TS
hirazaki
Mari Mengenal Othello (Reversi)


Othello (Reversi)


Othello atau di negara eropa disebut reversi yaitu permainan catur yang miripdengan catur igo ( film anime hikaru no go). othello bukanlah catur igo, karena hanya dengan 8x8 kotak saja yang terdiri dari picisan hitam dan putih. untuk lebih mengenalnya yuk liat sejarahnya.

Kalo ada yang minat main atau share pengalaman agan bisa ke grup ini :
http://www.kaskus.co.id/group/25793
Sejarah Permainan Othello

Sejarah othello berawal tahun 1945, setelah bom atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki. September 1945, Hasegawa Goro yang tengah duduk di kelas satu SMP menerima pelajaran sembari duduk di tanah di bawah langit biru. Mito juga menjadi sasaran pengeboman hingga kastil dan bangunan bersejarah lain ikut habis dalam kobaran api. Dalam suasana seperti itulah permainan ini dilahirkan. Aturan awalnya, bila batu milik pemain pertama diapit oleh batu milik pemain kedua, maka batu pemain pertama menjadi milik pemain kedua. Permainan ini cukup merepotkan karena harus memakai batu dengan 2 warna, hingga akhirnya dipakai kertas yang diwarnai hitam pada salah satu sisi dan putih pada sisi yang lain.

Sebenarnya asal kata othello itu sendiri, bukan dari bahasa Jepang. Ayah Hasegawa Goro, memberikan nama ini dari salah satu karya Shakespeare dengan judul yang sama. Othello dalam karya Shakespeare tersebut mengisahkan seorang kulit hitam yang mempunyai istri kulit putih yang cantik bernama Desdemona.

Cara Bermain Othello

Permainan othello dimainkan pada arena papan kotak-kotak persegi dengan koin hitam dan putih diatas arena. Pada awal permainan diletakkan dua koin hitam dan dua koin putih pada pusat arena.



Misalkan pemain pertama menggunakan koin hitam dan pemain kedua menggunakan koin putih. Koin hitam harus dapat ‘melompati’ koin putih agar koin putih dapat menjadi hitam. Setelah koin hitam berpindah posisi dan koin-koin yang dilalui diubah warnanya menjadi hitam, koin putih yang mendapat giliran untuk berpindah. Koin putih harus ‘melompati’ koin hitam agar koin tersebut dapat diganti menjadi koin putih.

Kedua pemain terus menerus secara bergantian memindahkan letak koin masing-masing. Hanya 1 koin yang dapat dipindahkan setiap kali giliran jalan. Gerakan koin dapat lurus maupun diagonal asalkan setiap pergerakan membentuk satu garis lurus.

Permainan akan berakhir jika seluruh kotak-kotak kecil pada arena permainan terisi koin atau seluruh koin di atas arena berwarna sama. Pemenang ialah pemain yang memiliki jumlah koin paling banyak di atas arena permainan.

Saat ini Othello tidak hanya dimainkan secara tradisional, namun sudah banyak dibuat dalam bentuk animasi pada komputer.

Strategic elements
1.Openings
2.Corners
3.Mobility
4.Edges
5.Parity
6.End-game


Berikut Data Para Pemenang dari 2002- 2013



Female and Team



Top Winner



Ternyata negara Jepang masih mendominasi gan. klo ada yang mau nambahin silahkan gan.

Untuk di indonesia udah lumayan banyak komunitasnya tapi masih belom teroganisir pusat. untuk papannya bisa dibeli di gramedia. ada yang kecil ada yang besar.

papan othello:



Bila berkenan monggo di rate gan. .

Quote othello:
Hidup itu bagai dua kepingan othello kadang hitam dan kadang berbalik putih.
Jika engkau rakus maka engkau akan habis.
Jika Terjebak dalam keadaan lihatlah sudut lain.
Jangan pernah menyerah sampai titik perjuangan terakhir.
Jika kita bisa memanfaatkan waktu kenapa membuangnya berlebihan.


Quote:

sumber :
wikipedia
http://othellonews.weebly.com/woc-2013.html
Diubah oleh hirazaki 04-08-2015 07:20
0
44.9K
262
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan