Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ituuuulAvatar border
TS
ituuuul
Cara Berbakti kepada Orang Tua setelah Mereka Meninggal

Untuk Agan yang orang tuanya telah meninggal, maka tidak ada lagi yang bisa dilakukan selain memanjatkan do’a untuk mereka. Dan memang tidak akan ada lagi yang diharapkan oleh orang tua yang telah meninggal keculai untaian kalimat do’a-do’a dari anaknya. Itu berarti mendo’akan orang tua yang telah meninggal merupakan keharusan bagi seorang anak yang selalu ingin berbakti kepada orang tuanya.

Berbakti kepada orang tua menempati posisi yang tinggi didalam agama Islam. Hal itu ditunjukkan dengan perintah berbuat baik kepadanya mengikuti perintah beribadah hanya kepada Allah swt saja.

Berbuat baik kepada orang tua tidak hanya dilakukan ketika dia masih hidup akan tetapi juga setelah dia meninggal dunia. Diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abu Usaid Malik bin Rabi'ah As Sa'idi ia berkata:
"Ketika kami sedang bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, tiba-tiba ada seorang laki-laki dari bani Salamah datang kepada beliau.
Laki-laki bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah masih ada ruang untuk aku berbuat baik kepada kedua orang tuaku setelah mereka meninggal?" beliau menjawab: "Ya.

Mendoakan dan memintakan ampunan untuk keduanya, melaksanakan wasiatnya, menyambung jalinan silaturahim mereka dan memuliakan teman mereka." Meskipun hadits ini lemah namun dalam hal ini bisa diamalkan.

Kita tidak perlu ragu meyakini bahwa sesayang apapun kita terhadap anggota keluarga, ayah, ibu, adik, ataupun kakak pada suatu saat kita juga akan dipisahkan oleh maut yang mengantarkan kita pulang pada Yang Maha Kuasa.

Sebagai seorang anak ada beberapa amalan yang tetap bisa dilakukan agar tetap bisa berbakti kepada orang tua. Amalan berikut ini merupakan suatu tambahan bekal bagi kedua orang tua yang dapat lebih menjamin tempat mereka di sisi Allah SWT.

Spoiler for 1. Beristighfar bagi keduanya:


Spoiler for 2. Berdoa segala yang baik bagi keduanya.:


Spoiler for 3. Melunasi segala hutang-hutangnya:


Spoiler for 4. Menuntaskan nadzar dan wasiat:


Spoiler for 5. Menghubungkan tali silaturahim orang tua yang telah meninggal serta berbuat baik kepada teman-teman dan kerabatnya:


Spoiler for 6. Bersedekah atas namanya:


Nah itulah beberapa amalan yang dapat dilakukan oleh siapa saja yang masih hidup untuk didedikasikan kepada orang tua. Orang yang telah meninggal lebih membutuhkan orang-orang yang masih hidup agar dapat mendoakan keduanya dan juga beramal shaleh.

Sebagai penutup, ada suatu kisah menarik yang bisa menjadi inspirasi kita semua.

Dikisahkan seorang anak melaporkan ayahnya sendiri kepada Rasulullah SAW karena ayahnya mengambil dari harta si anak. Kemudian didatangkan si anak dan ayahnya kepada Rasulullah SAW dan ternyata ayahnya ialah seorang yang tua renta yang berjalan dengan tongkat. Kemudian si ayah yang telah lanjut usia tersebut berkata, “dia (si anak) dulunya lemah dan aku kuat, dan dia (si anak) dulunya faqir/miskin dan aku kaya, dan dulu aku tidak pernah melarang dia mengambil apapun dari hartaku, kini (sekarang) aku lemah dan dia (si anak) kuat, dan aku faqir/miskin dan dia (si anak) kaya, tapi dia bakhil (pelit) terhadapku.”

Mendengar hal tersebut maka Rasulullah SAW menangis dan kemudian berkata “Bahkan sebuah batu atau tanah (keras) pun ketika mendengarnya akan menangis”. Kemudian Rasulullah mengatakan kepada si anak,
أَنْتَ وَ مَالُكَ لِأَبِيْكَ

“Kamu Dan Hartamu Adalah Milik Ayahmu.”


Semoga kita termasuk anak-anak yang berbakti kepada orang tua sehingga berkah dan ridho Allah juga akan mudah kita raih. Amiiiin..... emoticon-Angel

Sumur 1
Sumur 2
0
6.5K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan